Tips untuk Gemuk demi Mendapatkan Berat Badan Ideal

4 min read

Tips untuk Gemuk demi Mendapatkan Berat Badan Ideal

Tidak semua orang ingin kurus, bahkan ada juga sebagian yang mencari cara atau tips untuk gemuk. Hal ini karena masalah berat badan sendiri menjadi masalah yang kerap dialami oleh siapa saja, termasuk Anda. Memiliki berat badan yang terlalu kurus pun akan membuat penampilan Anda kurang menarik. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan berat badan.

Ingin Memiliki Berat Badan Ideal? Ikuti Tips untuk Gemuk Berikut

Berbicara tentang berat badan ideal, pada umumnya, kebanyakan orang mencari tips untuk kurus demi menghilangkan lemak di dalam tubuh. Padahal tak semua lemak memiliki sifat jahat. Ada juga lemak yang fungsinya untuk menyimpan cadangan kalori atau energi sehingga semua proses dalam tubuh dapat berjalan secara maksimal. Kembali pada ulasan tips untuk gemuk, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan demi menambah berat badan Anda:

Memilih Makanan yang Kaya Nutrisi

Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk menambah berat badan, maka harus mengonsumsi aneka makanan yang mengandung lemak dan kalori. Ini adalah cara yang salah karena dapat membuat berat badan Anda naik sekaligus mendatangkan berbagai penyakit berbahaya untuk tubuh.

Oleh karena itu, tips untuk gemuk yang dapat Anda lakukan adalah konsumsi banyak makanan kaya nutrisi. Hal ini karena nutrisi merupakan salah satu zat paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan asupan nutrisi yang cukup, maka semua fungsi tubuh dapat bekerja secara maksimal. Adapun contoh makanan yang kaya nutrisi adalah buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

Lebih Sering Makan

Tips yang kedua adalah menambah jadwal makan Anda. Jadi, akan lebih apabila Anda makan sebanyak 6 kali dalam sehari dengan porsi kecil apabila dibandingkan dengan makan 3 kali sehari dengan porsi besar sekalipun.

Hal ini karena saluran pencernaan manusia, dalam hal ini usus dan lambung, akan terus bergerak untuk mencerna semua makanan yang masuk ke dalam tubuh. Tak peduli seberapa banyak makanan yang masuk, semua makanan tersebut akan langsung dicerna. Untuk itulah mengapa makan dengan porsi lebih sedikit namun sering direkomendasikan bagi Anda yang ingin gemuk.

Hindari Minum Sebelum Makan

Biasanya, bagi mereka yang ingin diet, salah satu hal yang dilakukan adalah minum sebelum makan. Ini karena air putih yang diminum akan membantu tubuh merasakan kenyang.

Oleh karena itu, tips untuk gemuk yang berikutnya yakni hindari minum sebelum Anda makan. Jadi ketika Anda makan dan merasa tenggorokan kering, minumlah secukupnya. Jika semua makanan Anda telah habis, pada saat itu Anda boleh minum air sepuasnya.

Pilih Camilan Sehat untuk Konsumsi

Tips agar cepat gemuk yang selanjutnya yakni pilih camilan sehat di sela-sela waktu senggang Anda. Pada umumnya orang lebih memilih camilan kemasan yang berminyak seperti keripik dan sebagainya. Padahal camilan yang diolah dengan cara digoreng tidak sehat untuk tubuh karena terdapat kandungan kolesterol jahat di dalamnya.

Adapun jenis camilan sehat yang dapat menemani hari-hari Anda adalah buah serta sayur seperti tomat. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat mengonsumsi kacang kedelai. Jika bosan dengan menu camilan tersebut, Anda dapat mengombinasikan semua buah dan sayur menjadi salad. Setelah itu, letakkan di dalam lemari es dan makan ketika Anda merasa lapar dan butuh ngemil.

Perbanyak Konsumsi Makanan Mengandung Karbohidrat

Salah satu tips untuk gemuk secara alami tanpa menggunakan obat-obatan adalah dengan memilih berbagai makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi. Hal ini karena ketika Anda mengonsumsi banyak karbohidrat, maka kandungan kalori yang diterima oleh tubuh pun akan semakin banyak. Inilah yang memicu naiknya berat badan Anda.

Anda sendiri pasti sudah paham banyak ada banyak sekali jenis makanan yang menjadi sumber karbohidrat, salah satunya adalah nasi. Selain itu, jenis makanan lainnya adalah singkong, kentang, gandum, tepung, ubi jalar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hanya saja, selama mengonsumsi makanan kaya karbohidrat tersebut, tetap imbangi dengan olahraga agar tubuh tetap sehat.

Cukupi Kebutuhan Lemak

Tips untuk gemuk yang selanjutnya yakni dengan mencukupi asupan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun untuk lemak sendiri, pilihlah lemak sehat seperti yang terdapat di dalam minyak sayur, daging ikan, jagung, dan lain sebagainya. Sesekali Anda juga dapat mengonsumsi aneka daging sapi, ayam, bahkan kambing. Namun sebisa mungkin jangan konsumsi daging-daging tersebut dengan menggunakan minyak goreng. Cukup rebus atau gunakan minyak sayur untuk mengolahnya.

Perbanyak Konsumsi Susu

Tips efektif agar cepat gemuk yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi susu. Apabila Anda jarang sekali meminum susu, maka mulai besok cobalah konsumsi susu, baik itu susu kaleng ataupun susu murni. Selain bagus untuk merawat kekuatan tulang dan gigi, susu juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi susu setiap hari dan mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat lain, maka berat badan Anda dijamin akan bertambah.

Pastikan Mengunyah Makanan Hingga Halus

Tips untuk gemuk yang selanjutnya adalah Anda harus mengunyah makanan hingga benar-benar halus sebelum menelannya. Mengapa? Ini karena makanan halus yang masuk ke dalam perut akan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Tak hanya itu saja, nutrisi yang berasal dari makanan tersebut juga dapat diserap dengan cepat.

Jangan Pernah Lewatkan Sarapan

Tips yang terakhir adalah jangan pernah lewatkan waktu Anda untuk sarapan. Hal ini karena dengan sarapan, maka tubuh akan mendapatkan energi cadangan untuk melakukan aktivitas di hari itu. Selain itu, di pagi hari adalah waktu paling optimal yang digunakan oleh tubuh untuk menyerap semua kandungan makanan yang dikonsumsi.

Setidaknya itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan berat badan. Dengan melakukan beberapa hal di atas secara rutin, maka hanya dalam jangka waktu kurang dari 3 bulan, berat badan Anda akan naik.

Hal yang Harus Dihindari Selama Proses Penggemukan Badan

Selain tips untuk gemuk di atas, Anda juga harus mengetahui beberapa hal yang harus dihindari ketika sedang melakukan program penggemukan badan. Tujuannya agar semua langkah-langkah di atas yang telah Anda lakukan tidak sia-sia. Adapun hal yang perlu dihindari adalah sebagai berikut:

Begadang

Sebagian besar anak muda pasti sering atau bahkan selalu melakukan hal yang satu ini. Padahal begadang adalah musuh atau pantangan utama yang harus benar-benar Anda hindari ketika ingin menggemukkan tubuh. Tak hanya itu saja, berbagai penyakit pun dapat mengintai mereka yang cenderung suka begadang.

Sebagai informasi, ketika begadang, maka sistem dalam tubuh akan berjalan tidak normal. Ini karena malam hari adalah waktu di mana tubuh melakukan regenerasi terhadap sel-sel tubuh yang telah mati. Dengan begadang, maka tak hanya tubuh yang akan menjadi kurus, namun sistem kekebalan tubuh pun akan menurun.

Merokok

Hal lain yang perlu Anda hindari ketika ingin gemuk adalah merokok. Seperti yang kita tahu, tak ada manfaat apapun yang dapat diperoleh dari merokok. Sebaliknya, berbagai penyakit siap menyerang para perokok, mulai dari hipertensi, jantung, kanker, dan sebagainya.

Lantas apa hubungan antara rokok dan berat badan? Ini karena merokok menjadi pemicu utama menurunnya nafsu makan. Hal ini juga disebabkan karena masuknya asap yang mengandung nikotin serta tembakau dalam tubuh. Hilangnya nafsu makan tersebut akan membuat tubuh kekurangan asupan nutrisi dan tentunya sulit gemuk.

Demikian sedikit ulasan tentang tips untuk gemuk serta hal yang harus Anda hindari ketika ingin menaikkan berat badan. Dengan begitu, memiliki berat badan ideal pun bukan lagi masalah. Semoga sedikit ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *