Tips Membuat Anak Menjadi Lebih Mandiri

1 min read

Tips Membuat Anak Menjadi Lebih Mandiri

Siapa bilang mandiri hanya untuk orang yang sudah besar? Kemandirian itu dilatih sejak anak masih kecil. Walaupun pemikirannya belum terlalu jauh dan dewasa namun setidaknya anak kecil sudah mampu berlatih mandiri. Siapa lagi kalau bukan orang tua yang mendidik? Peran orang tua kepada anak memang sangat penting.

Terlebih lagi soal kemandirian yang pastinya berkaitan erat dengan masa depan. Jika Anda ingin memiliki anak dengan masa depan yang cerah maka sebisa mungkin harus dilatih soal kemandirian sejak kecil.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih anak agar mandiri. Cara ini bisa dilakukan sejak anak usia kurang lebih 4 tahun. Lantas mengapa anak perlu dilatih soal kemandirian?

Setiap orang diwajibkan belajar hidup mandiri karena segala sesuatu pasti ada yang harus dikerjakan sendiri. Segala sesuatu tidak bisa selamanya bergantung kepada orang lain, itulah pentingnya kemandirian pada anak. Apa saja yang bisa dilakukan agar anak menjadi mandiri? Berikut daftar tips sederhana untuk membuat anak menjadi lebih mandiri.

Tidak Langsung Menuruti Permintaan Anak

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa anak kecil pasti memiliki keinginan yang sangat banyak dan wajib dituruti. Seringkali orang tua juga langsung memberi apa yang dia inginkan agar anak tidak marah. Cara tersebut justru salah besar, anak justru cenderung terus manja.

Agar anak Anda menjadi lebih mandiri maka jangan langsung menuruti apa yang mereka inginkan. Kalau perlu beri mereka persyaratan yang menunjukan sikap berjuang untuk mendapatkan sesuatu, kemandirian akan cepat melekat pada anak.

Mengajari Cara Berpakaian yang Rapi dan Benar

Tidak perlu menunggu berpakaian seragam, hanya dengan pakaian biasa saja bisa dijadikan sebagai media belajar cara berpakaian kepada anak. Bagaimana cara membuat pakaian lebih rapi dan enak dipandang saat dipakai.

Mulai dari baju hingga celana semuanya harus dipelajari anak Anda. Sesekali beri dia beberapa hari untuk berpakaian sendiri hingga benar-benar memahami cara berpakaian yang benar. Lama kelamaan anak Anda mulai terbiasa menggunakan pakaian sendiri.

Mengajarkan Kebiasaan Menabung

Anak identik dengan pemborosan, mulai dari permainan hingga makanan pasti ada saja yang ingin mereka beli. Sesekali ajarkan mereka menabung mulai dari uang yang paling kecil dan sedikit demi sedikit saja.

Lakukan cara ini setiap hari dan selalu mengingatkan anak Anda untuk menabung. Jika anak Anda berhasil menabung dalam jangka waktu yang lama maka dipastikan anak Anda sudah mulai mandiri. Berilah penjelasan juga mengenai manfaat menabung bagi masa depan.

Memberi Apresiasi atau Pujian

Segala sesuatu yang dilakukan oleh anak Anda selagi masih bersifat positif maka Anda sebagai orang tua harus sering memuji anak. Hal sepele ini bahkan memiliki pengaruh yang besar bagi anak Anda. Jika Anda sering memuji anak Anda maka mereka akan merasa semangat dalam melakukan segala hal.

Mereka bahkan merasa bahwa dirinya itu sangat berarti dan membuat orang tua merasa bangga. Sekecil apapun yang dilakukan oleh anak Anda, diusahakan untuk selalu mengapresiasinya.

Menarget Anak Dengan Jadwal

Anak tidak sepenuhnya harus fokus terhadap permainan. Ada kalanya anak juga harus dilatih kedisiplinan sejak dini. Anda harus memberinya jadwal di rumah yang harus dilakukan oleh anak Anda.

Tetapi diusahakan tidak terlalu berat agar anak juga tidak merasa lelah. Contoh jadwal yang bisa Anda terapkan yaitu jadwal membersihkan rumah bersama dengan orang tua, jadwal bermain, jadwal mengerjakan sesuatu dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *