Selain Kesuburan, Berikut 8 Manfaat Suplemen Coenzyme Q10 Lainnya Untuk Anda

3 min read

Selain Kesuburan, Berikut 8 Manfaat Suplemen Coenzyme Q10 Lainnya Untuk Anda

Coenzyme Q10 atau lebih dikenal dengan sebutan CoQ10 merupakan senyawa yang membantu tubuh menghasilkkan energi di dalam sel-selnya. Tubuh anda pun memproduksinya secara alami, tetapi akan terus turun kadarnya seiring dengan berjalannya usia anda. Dengan begitu, disarankan agar anda selalu mendapatkannnya melalui makanan atau suplemen.

Mengatur kadarnya agar tetap cukup tentunya sangat penting dilakukan, karena terdapat beberapa kondisi seperti penyakit jantung, gangguan otak, diabetes, dan kanker yang telah dikaitkan dengan kadar rendah CoQ10 di dalam tubuh seseorang.

Adapun beberapa penyebab anda memiliki kadar rendah akan Coenzyme Q10 diantaranya:

Kekurangan nutrisi seperti vitamin B6
Cacat genetik pada sintesis atau pemanfaatan terhadap Coenzyme Q10
Meningkatnya kebutuhan jaringan yang diakibatkan oleh penyakit
Penyakit terkait mitokondria
Stres oksidasi akibat penuaan
Efek samping dari pengobatan statin

Jika anda memiliki beberapa kondisi di atas, pastikan untuk selalu menjaga kadar CoQ10 dengan cara mengkonsumsi makanan tertentu atau dari suplemen. Jika anda mampu menjaga kadarnya agar tetap normal, maka tubuh anda pun siap memetik beberapa manfaat penting seperti yang sudah kami jabarkan di bawah ini secara lengkap.

Mengatasi Gagal Jantung

Gagal jantung seringkali merupakan konsekuensi dari kondisi jantung lainnya, seperti penyakit arteri koroner atau tekanan darah tinggi. Kondisi ini pun dapat menyebabkan peningkatan kerusakan oksidasi dan peradangan di area pembuluh darah dan arteri anda.

Gagal jantung pun terjadi ketika adanya masalah yang mempengaruhi jantung sehingga tidak dapat berkontraksi secara teratur, lebih santai, atau memompa darah ke seluruh tubuh anda.
Parahnya lagi, beberapa pengobatan untuk gagal jantung seringkali memberikan efek samping yang tidak menyenangkan, dimulai dari tekanan darah yang rendah hingga berkurangnya kadar Coenzyme Q10 lebih jauh lagi.

Dengan begitu, dengan meningkatkan kadar senyawa tersebut, maka bisa membantu anda mengatasi gagal jantung yang berbahaya. Faktanya, dalam sebuah penelitian terhadap 420 orang penderita gagal jantung cenderung mampu mengatasi gejala dan mengurangi resiko kematian setelah diobati dengan suplemen CoQ10.

Nampaknya, pengobatan dengan menggunakan Coenzyme Q10 mampu membantu seseorang memulihkan tingkat produksi energinya kembali optimal, sekaligus mengurangi kerusakan oksidasi dan meningkatkan fungsi jantung yang sehat.

Meningkatkan Kesuburan

Kesuburan wanita cenderung akan menurun seiring dengan berjalannya usia anda dikarenakan berkurangnya jumlah dan kualitas dari telur yang tersedia. Coenzyme Q10 sendiri sangatlah terlibat terhadap proses tersebut.
Dikarenakan kadarnya yang turun dari waktu ke waktu, maka tubuh anda pun akan kurang efektif dalam menjaga sel telur terhadap kerusakan oksidasi.

Untuk alasan inilah, mengkonsumsi suplemen Coenzyme Q10 dapat membantu atau bahkan membalikkan keadaan kualitas dan kuantitas telur yang telah menurun tersebut.
Demikian pula dengan sperma pria yang rentan terhadap efek kerusakan oksidasi, yang mana jika terserang, maka dapat mengakibatkan penurunan dan kualitas sperma yang buruk sehingga berpotensi mengalami kemandulan.

Untungnya, beberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen Coenzyme Q10, maka anda pun bisa meningkatkan kualitas, aktivitas, dan konsentrasi sperma dengan cara menambah kadar antioksidan di dalam tubuh. .

Menjaga Kulit Tetap Muda

Kulit merupakan organ paling luas yang anda miliki, dan sekaligus menjadi yang pertama terpapar berbagai macam agen penyebab penyakit. Agen-agen tersebut pun bisa terjadi dari luar maupun dari dalam tubuh.

Beberapa faktor internal bisa berupa kerusakan selular dan ketidakseimbangan hormon. Sementara faktor eksternal bisa disebabkan oleh faktor lingkungan seperti sinar ultraviolet.

Elemen-elemen berbahaya tersebut pun akan mengurangi kelembaban kulit, sekaligus membuat kulit anda menjadi lebih tipis jika tidak segera ditangani dengan benar. Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan CoQ10.

Cobalah mengoleskan krim Coenzyme Q10 langsung ke kulit anda demi mengurangi kerusakan internal maupun eksternal yang terus menerus menyerang tanpa ampun. CoQ10 tersebut akan meningkatkan produksi energi pada sel-sel kulit dan mendukung perlindungan antioksidan secara alami. .

Fakta lain menyebutkan bahwa olesan Coenzyme Q10 secara langsung ke kulit telah terbukti mampu mengurangi kerusakan oksidasi yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dan kedalaman kerutan. .

Mengurangi Sakit Kepala

Fungsi mitokondria yang tidak normal dapat menyebabkan peningkatan pengambilan kalsium oleh sel, produksi radikal bebas yang berlebihan, dan penurunan perlindungan antioksidan. Alhasil, anda pun beresiko memiliki tingkat energi yang rendah di sel otak dan menyebabkan migrain.

Dikarenakan Coenzyme Q10 sebagian besar terdapat di dalam sel-sel mitokondria anda, maka dengan meningkatkan kadarnya mampu mengurangi peradangan yang terjadi selama migrain berlangsung.
Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 42 orang telah memperlihatkan bahwa dengan suplemen CoQ10, maka tiga kali lebih mungkin mengurangi jumlah migrain dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkannya.

Mengatasi Diabetes

Pada dasarnya, kerusakan oksidasi bisa menyerang berbagai macam tempat di dalam tubuh anda, termasuk sel-sel sehat. Ketika itu terjadi, maka anda pun beresiko terkena penyakit metabolik seperti diabetes. Bahkan fungsi mitokondria yang abnormal telah terkait dengan resistensi insulin.

Jadi, salah satu cara mengatasi kondisi tersebut adalah dengan senantiasa mengkonsumsi CoQ10 secara teratur, yang mana telah terbukti mampu meningkatkan kembali sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula dalam darah seseorang. .

Selain itu, CoQ10 juga bisa membantu anda mencegah terkena penyakit diabetes dengan cara merangsang pemecahan lemak dan mengurangi akumulasi sel lemak di tubuh anda.

Mencegah Kanker

Selanjutnya, stres oksidasi pun bisa merusak sel-sel dan mempengaruhi fungsinya secara membabi buta. Jika tubuh anda tidak mampu melawan kerusakan oksidasi tersebut secara efektif, maka struktur dari sel-sel anda pun akan ikut rusak dan meningkatkan resiko anda terkena kanker.

Untungnya, Coenzyme Q10 telah dikenal mampu menjaga sel-sel anda dari stres oksidasi dan mempromosikan produksi energi selular secara lebih efektif.

Menariknya, mereka yang sudah menderita kanker cenderung memiliki kadar CoQ10 yang rendah di dalam tubuhnya. Di saat yang bersamaan, kadar rendah akan CoQ10 pun telah dikaitkan dengan berbagai macam jenis kanker sebanyak 53,3%. . Kondisi ini tentunya bisa menciptakan lingkaran setan yang sulit untuk ditangani.

Baik Untuk Otak

Kembali ke mitokondria, yang mana merupakan penghasil energi utama di dalam sel-sel otak anda. Tetapi fungsi tersebut akan terpengaruhi oleh usia anda yang kian bertambah. Jika anda tidak mampu mengatasinya, maka disfungsi mitokondria dapat menyebabkan kematian sel-sel otak dan mendatangkan penyakit terkait seperti Alzheimer dan Parkinson.

Ditambah lagi, otak anda sangatlah sensitif terhadap kerusakan oksidasi dikarenakan kadar asam lemaknya yang tinggi dan kebutuhannya akan oksigen yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan sel-sel organ lainnya.

Kerusakan oksidasi tersebut pun nantinya akan meningkatkan produksi senyawa berbahaya yang bisa mempengaruhi ingatan, kognitif, dan fungsi fisik. Dengan begitu, disarankan agar anda selalu mengkonsumsi Coenzyme Q10 agar senyawa berbahaya tersebut berkurang, sehingga anda pun terhindar dari berbagai macam penyakit terkait otak.

Menjaga Kesehatan Paru-paru

Diantara organ-organ tubuh anda yang lainnya, paru-paru merupakan bagian yang paling banyak memiliki kontak dengan oksigen, sehingga membuatnya sangat rentan terhadap kerusakan oksidasi.

Peningkatan kerusakan oksidasi di dalam paru-paru dan buruknya perlindungan antioksidan, bersama dengan rendahnya kadar Coenzyme Q10, dapat menyebabkan anda terkena penyakit terkait saluran pernafasan termasuk asma dan PPOK (penyakit paru obstruktif kronis).

Untuk mengatasi jenis-jenis penyakit tersebut, tentunya anda boleh mengkonsumsi suplemen Coenzyme Q10 agar peradangan dalam tubuh anda ikut turun, terutama bagi mereka yang tengah menderita penyakit asma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *