Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan di Lidah

3 min read

Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengobati sariawan di lidah, kita perlu memahami dulu apa sebenarnya sariawan dan yang menjadi penyebabnya. Sariawan di dalam istilah medis disebut dengan stomatitis, yakni peradangan yang terjadi pada selaput mukosa (pipi bagian dalam) dari mulut yang berbentuk bercak putih dan terasa sakit. Selain bagian mukosa, sariawan juga bisa menjalar ke bagian lidah, gusi serta langit-langit pada bagian rongga mulut.

Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk saat gigi tak sengaja menggigit bagian dinding mulut hingga adanya infeksi jamur pada bagian dalam kulit mulut, serta adanya virus tertentu yang juga bisa menjadi penyebab sariawan. Rasanya sakit, perih hingga kadang membuat yang mengalaminya sulit untuk bicara. Berdasarkan penyebabnya, sariawan dapat dibagi pada beberapa jenis, yakni:

  1. Stomatitis afthosa, merupakan jenis sariawan yang disebabkan oleh adanya luka pada kulit dalam mulut, bisa disebabkan karena tergigit dan sebagainya.
  2. Oral Thrush/moniliasis, merupakan sariawan yang disebabkan oleh adanya jamur candida albicans yang biasanya terdapat di lidah, jamur inilah yang menyebabkan terjadinya sariawan di lidah dan sangat sakit rasanya.
  3. Stomatitis herpetic, sariawan ini disebabkan adanya virus herpes yang biasanya terletak di bagian belakang tenggorokan.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Sariawan yang ada di lidah termasuk jenis sariawan yang paling sakit dan sulit dirasakan karena lidah memiliki fungsi yang sangat vital dalam mulut, mulai dari berbicara hingga mengunyah makanan. Sariawan yang terjadi di lidah disebabkan oleh adanya jamur pada lidah, oleh sebab itu salah satu cara pengobatan yang dilakukan adalah dengan cara membasmi jamur yang ada di lidah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara pengobatan yang bisa Anda lakukan:

Mengkonsumsi obat anti jamur

Pengobatan pertama yang biasanya disarankan dokter untuk sariawan di lidah adalah dengan mengkonsumsi obat anti jamur. Ada yang berbentuk tablet dan ada pula yang berbentuk larutan yang harus dikumur. Obat tablet yang sering dipakai misalnya clomatrizole. Bentuknya tablet hisap yang bisa dimakan di dalam mulut. Ada juga dalam bentuk larutan yang bisa dikumur dan ditelan, disebut nystatin yang bentuknya seperti larutan pencuci mulut. Fungsinya sama, membunuh jamur yang ada di lidah.

Membersihkan mulut dan sikat gigi

Pada saat terkena sariawan lidah, gosok lah gigi minimal 2 kali sehari. Ini bertujuan untuk membantu mengurangi infeksi jamur. Selain  itu, sikat gigi juga diganti dengan yang baru untuk membantu mencegah penularan jamur. Jagalah kebersihan mulut dan barang-barang yang masuk ke dalam mulut.

Berkumur dengan air garam

Garam bukan hanya membantu menyembuhkan sakit gigi, namun  juga bisa membantu penyembuhan sariawan di lidah. Rasa yang ekstrim pada garam membantu mengusir jamur di kulit lidah Anda. Minum dan berkumur lah dengan air garam untuk membantu proses penyembuhan.

Konsumsi vitamin C

Konsumsi vitamin C juga bisa Anda lakukan untuk obat sariawan di lidah. Vitamin ini bekerja  membantu mempercepat proses penyembuhan. Anda bisa mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C atau tablet hisap vitamin.

Hindari makanan yang mengandung ragi

Ragi dapat semakin menyuburkan pertumbuhan jamur. Oleh karena itu, selama sakit sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung ragi.

Konsumsi makanan yang lunak

Lidah yang sakit akan membuat Anda sulit untuk makan. Kurangi rasa sakitnya dengan mengkonsumsi makanan yang lunak. Makanan dingin dan lunak seperti agar-agar cocok Anda konsumsi untuk mengurangi rasa sakit pada lidah.

Cara Penyembuhan Sariawan di Lidah dengan Bahan Alami

Selain menggunakan obat-obat medis, menyembuhkan sariawan di lidah juga bisa dicoba menggunakan bahan alami, diantaranya adalah:

  1. Minum air kelapa, kandungan mineral dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ini dibutuhkan untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Selain itu rasa air kelapa yang segar juga sangat enak diminum pada saat sariawan.
  2. Pisang dan madu, kedua bahan ini kaya dengan vitamin C sehingga bisa juga dijadikan obat sariawan di lidah, selain itu madu juga dapat membantu membunuh bakteri dan jamur di mulut yang bisa membuat sariawan bertambah buruk. Pisang cukup lunak untuk dikonsumsi mulut yang sedang sariawan, sehingga cukup cocok dipadukan dengan madu.
  3. Memperbanyak konsumsi buah terutama yang mengandung vitamin C, ini sangat dianjurkan dan tentunya tidak sulit untuk dilakukan.
  4. Daun jambu biji yang sedikit pahit ternyata juga dianjurkan sebagai bahan alam penyembuh sariawan di lidah. Kunyahlah daun jambu biji yang masih muda, bisa ditambahkan dengan sedikit garam.
  5. Kunyit, bahan ini juga dikenal memiliki kandungan antiseptik yang bisa mengusir jamur dan bakteri. Bisa dioleskan ke lidah yang mengalami sariawan, tentunya akan sedikit pedih terasa.
  6. Bawang putih, sama seperti kunyit, bawang putih juga mengandung bahan antiseptik yang bisa membantu mengusir jamur dari mulut. Haluskan bawang putih lalu tempelkan pada bagian lidah yang sakit.

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Sariawan

Kapan sariawan bisa datang menyerang mulut seseorang? Ada beberapa kondisi yang bisa memicu terjadinya sariawan, tidak semata-mata karena kekurangan vitamin C seperti yang umum diketahui orang sebagai penyebab penyakit tersebut. Berikut ini diantara yang menjadi penyebabnya:

  1. Daya tahan tubuh yang sedang lemah juga memicu terjadinya sariawan. Kondisi tubuh yang lemah membuat virus atau jamur mudah menyerang tubuh. Maka orang banyak mengatakan, penyebab sariawan karena kurang vitamin C. Vitamin C dikenal bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Kondisi kebersihan mulut yang tidak terjaga, termasuk saat suka mengkonsumsi makanan yang panas.
  3. Kondisi tubuh yang mengalami alergi terhadap makanan tertentu yang masuk ke mulut. Jenis makanan tertentu yang menimbulkan alergi pada mulut Anda juga bisa memicu terjadinya luka dan akhirnya bisa menyebabkan sariawan.
  4. Mengkonsumsi makanan panas yang berlebihan juga bisa membuat lidah terasa panas, selain akan terasa mati rasa juga bisa memicu terjadinya sariawan.
  5. Mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak. Kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas bersantan atau berlemak juga dapat memicu terjadinya peradangan pada mulut dan akan menyebabkan terjadinya sariawan. Kontrol jenis makanan yang Anda konsumsi untuk kesehatan tubuh.

Untuk menghindari terjadinya sariawan, selain dengan menjaga kebersihan mulut tentu juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat. Apa yang kita makan juga akan mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Pada saat kondisi kekebalan tubuh lemah, maka penyakit akan sangat mudah masuk, termasuk sariawan.

Cara mengobati sariawan di lidah ditekankan pada upaya mengusir jamur dan mencegahnya berkembang biak. Tak cukup dengan mengkonsumsi obat saja, tapi Anda juga harus menjaga kebersihan mulut. Waspadai barang-barang yang masuk ke dalam mulut agar terbebas dari jamur dan bakteri penyebab masalah mulut dan sariawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *