6 Obat Digigit Lipan yang Paling Ampuh Meredakan Racun

3 min read

6 Obat Digigit Lipan yang Paling Ampuh Meredakan Racun

Obat digigit lipan – Kelabang atau lipan atau yang sering juga disebut kaki seribu merupakan hewan kecil yang cukup ditakuti oleh masyarakat karena memiliki bisa atau racun yang cukup berbahaya. Satu hal yang perlu diperhatikan dari bahaya gigitan lipan adalah munculnya rasa nyeri pada anggota tubuh mulai dari beberapa jam hingga beberapa hari. Rasa nyeri tersebut akan menyebabkan korban gigitan lipan menjadi sangat tersiksa.

Gejala paling umum yang muncul akibat gigitan lipan adalah bagian kulit yang menjadi merah dan menjadi bengkak. Sebenarnya venom atau racun dari lipan sendiri terbilang cukup lemah jika dibandingkan dengan hewan lain sejenis seperti kalajengking. Selain itu, racun lipan juga tidak akan menyebabkan kematian karena hingga saat ini belum ada kasus kematian yang disebabkan oleh gigitan lipan.

Fakta membuktikan bahwa racun yang timbul akibat gigitan lipan memiliki jangkauan yang pendek dan tidak akan sampai mencederai pembuluh darah. Racun tersebut hanya akan memberikan efek pada daerah sekitar bekas gigitan lipan tersebut. Jika seseorang telah digigit oleh lipan, maka detak jantung akan meningkat drastis. Di samping itu, korban akan merasakan mual dan pusing yang disebabkan oleh respon otak karena rasa panik dan ketakutan. Lantas bagaimana cara mengatasi gigitan lipan? Serta apa saja obat digigit lipan tradisional yang dapat digunakan? Daripada penasaran, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Inilah Obat Digigit Lipan Tradisional yang Dapat Digunakan

Sebagai saran, ketika Anda digigit lipan, sebaiknya jangan terlalu panik terlebih dahulu. Rasa panik berlebih karena gigitan lipan akan mempercepat munculnya gejala pusing dan mual. Untuk obat gigitan lipan sendiri, berikut adalah beberapa bahan tradisional yang dapat dimanfaatkan dalam mengobati gigitan lipan.

Biji Asam Jawa

Obat digigit lipan yang pertama adalah biji asam Jawa. Bahan alami yang satu ini dipercaya sangat ampuh sebagai obat untuk menangkal racun yang masuk ke dalam kulit akibat gigitan lipan. Di samping itu, biji asam Jawa juga sangat mudah ditemui sehingga Anda dapat mengambil langkah cepat ketika digigit oleh lipan.

Cara memanfaatkan biji asam Jawa sebagai obat gigitan lipan cukup mudah. Pertama, pilih asam Jawa yang telah matang. Setelah itu, ambil bijinya dan bersihkan dari kulit daging asam yang masih menempel. Langkah selanjutnya, hancurkan biji tersebut hingga halus dan menjadi serbuk layaknya bedak. Oleskan tumbukan biji asam Jawa tersebut pada bagian tubuh yang tersengat lipan. Akan lebih baik apabila Anda membungkus bekas gigitan lipan yang telah diberi serbuk biji asam Jawa dengan perban.

Tepung Beras

Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mengobati gigitan lipan adalah tepung beras. Seperti halnya biji asam Jawa, tepung beras pun sangat mudah didapatkan. Hal ini karena umumnya tepung beras digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan makanan.

Langkah yang dapat dilakukan ketika memanfaatkan obat digigit lipan ini adalah sediakan tepung beras yang telah jadi. Anda juga dapat menumbuk sendiri beras hingga halus. Selanjutnya, tambahkan air pada serbuk tepung beras tersebut. Aduk campuran tepung beras dan air hingga menjadi krim. Langkah terakhir, oleskan krim tepung beras pada bagian tubuh yang tergigit oleh lipan.

Bawang Putih

Obat digigit lipan yang juga dapat dimanfaatkan adalah bawang putih. Seperti yang kita tahu, bawang putih memiliki khasiat yang sangat luar biasa karena terdapat beragam kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satu contoh sifat dari kandungan bawang putih adalah anti inflamasi atau peradangan.

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu gejala gigitan lipan adalah munculnya rasa nyeri serta membengkaknya bagian tubuh yang tergigit. Cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat untuk mengatasi gigitan lipan pun terbilang sangat mudah.

Pertama, ambillah satu siung bawang putih kemudian iris menjadi 2 bagian. Kemudian oleskan bawang putih tersebut pada bagian gigitan kelabang atau lipan secara merata. Hal ini akan membantu mencegah peradangan yang timbul karena masuknya racun lipan dalam kulit. Oleh karena itu, ketika Anda digigit lipan, segera ambil bawang putih agar tidak terjadi efek racun yang semakin parah.

Menggunakan Minyak Tawon

Cara mengobati gigitan kelabang yang selanjutnya yakni dengan minyak tawon. Obat yang satu ini mungkin sudah sangat familiar karena umumnya dimanfaatkan untuk mengatasi rasa perih akibat gigitan serangga. Selain itu, ternyata minyak tawon juga dapat dimanfaatkan dalam mengatasi gigitan lipan.

Cara menggunakan obat digigit lipan dengan minyak tawon adalah bersihkan bagian tubuh yang tersengat lipan menggunakan air mengalir. Setelah itu, bersihkan menggunakan kain bersih hingga kering. Langkah selanjutnya adalah mengoleskan minyak tawon pada area gigitan lipan. Rasa hangat yang diberikan oleh minyak tawon akan bermanfaat dalam mengurangi rasa nyeri karena gigitan lipan tersebut.

Otak Kelabang

Obat digigit lipan yang satu ini mungkin terdengar sangat aneh di telinga Anda. Meski demikian, ternyata otak kelabang kerap kali digunakan oleh masyarakat Banjar untuk mengatasi gigitan lipan. Cara menggunakan otak kelabang adalah cukup dengan mengoleskannya pada bagian tubuh yang digigit oleh lipan secara merata. Setelah itu, gunakan perban untuk membungkus area gigitan lipan.

Air Kelapa

Seperti yang kita tahu, air kelapa biasanya dimanfaatkan sebagai bahan alami dalam mengeluarkan racun di dalam tubuh yang berasal dari makanan ataupun minuman. Hal ini karena air kelapa memiliki beragam kandungan yang dapat menetralisir racun ataupun zat berbahaya di dalam tubuh. Racun tersebut kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk keringat ataupun muntahan.

Melihat dari manfaatnya tersebut, ternyata air kelapa juga dapat digunakan untuk mengatasi gigitan lipan. Bahkan bahan alami ini juga sering diminum saat seseorang tergigit oleh ular. Meskipun khasiat yang dimiliki oleh air kelapa tidak begitu ampuh untuk mengatasi racun yang masuk ke dalam tubuh dari gigitan binatang berbisa, namun air kelapa dapat menunda dampak berbahaya dari racun tersebut. Oleh karena itu, Anda juga dapat memanfaatkan obat alami yang satu ini untuk mengatasi racun lipan.

Itulah beberapa obat digitit lipan alami yang dapat ditemukan dengan mudah. Dengan obat-obatan tersebut, Anda tak perlu lagi terlalu panik ketika tidak sengaja tergigit oleh lipan atau serangga lain yang memiliki bisa atau racun lemah.

Cara Mengobati Gigitan Lipan dengan Bantuan Medis

Selain memanfaatkan obat digigit lipan di atas, Anda juga dapat memanfaatkan bantuan medis dalam mengatasi racun yang timbul akibat gigitan lipan. Adapun langkah-langkah mengobati lipan dengan bantuan medis adalah sebagai berikut:

  1. Sesaat setelah digigit lipan, segera cuci area bekas gigitan dengan menggunakan air bersih serta cairan antiseptik. Cukup bersihkan bagian gigitan dengan pijatan halus saja. Menekan bagian luka akan memperbesar risiko infeksi pada luka tersebut.
  2. Minum obat pereda rasa nyeri. Perlu diingat, meskipun Anda telah memberikan obat pada bekas gigitan lipan, rasa bengkak tetap akan muncul. Apabila muncul bengkak pada area gigitan lipan, gunakan es untuk mengompress luka tersebut.
  3. Perbanyak minum air putih yang dapat membantu proses metabolisme tubuh agar semakin lancar. Perlahan tapi pasti, gejala-gejala yang timbul akibat gigitan lipan akan mulai hilang dengan sendirinya.
  4. Namun apabila jarak 6 jam dan rasa nyeri serta bengkak tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda segera pergi ke puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Demikian beberapa obat digigit lipan, baik menggunakan bahan alami atau obat-obatan medis. Setelah mengetahui berbagai cara di atas, maka semua gejala yang timbul akibat gigitan lipan dapat disembuhkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *