Mengenal Berbagai Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Yang Berbahaya

3 min read

Mengenal Berbagai Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Yang Berbahaya

Tenggorokan sakit saat menelan ludah tentunya pernah dirasakan hampir semua orang. Rasa sakit ini barangkali tampak ringan namun sebenarnya cukup menyusahkan orang. Hal ini dikarenakan karena sakit tenggorokan ini maka makan dan minum yang menjadi kebutuhan utama manusia justru terganggu dan tidak nyaman. Karena itu sebelum penyakit ini berulah lebih jauh, maka anda perlu tahu penyebab penyakit ini agar mengerti bagaimana mengatasinya.

Rasa sakit di tenggorokan ini juga seringkali muncul dengan disertai demam atau bahkan nyeri di sekujur tubuh. Ada juga yang sampai mengalami pembesaran kelenjar getah bening di leher hingga tampak benjol. Tentunya tanda-tanda ini terjadi sesuai dengan penyebab yang menjadikan munculnya rasa sakit di tenggorokan ini. Misalnya karena radang, flu, batuk, pilek dan sebagainya.

Seperti yang kita tahu bahwa makanan seseorang sangatlah wajib melewati organ tenggorokan ini sehingga jika terjadi adanya masalah yang menimbulkan sakit, maka proses masuknya makanan ke dalam tubuh akan terganggu. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus, pasti akan berbahaya karena asupan nutrisi ke dalam tubuh juga menjadi berkurang karena menurunnya nafsu makan hingga karena sakit dan ketidaknyamanan. Karena itu, kondisi ini tak boleh diabaikan begitu saja.

Selain itu, rasa sakit yang seringkali menyerang faring atau daerah sekitar amandel ini biasanya datang dengan sangat mendadak. Penyakit ini tak bisa di tebak kapan dan di mana munculnya. Terkadang muncul saat anda di luar rumah, sedang makan, sedang tidur, atau hal lainnya. Mulanya biasanya mulai dari sakit menelan ludah saja, lalu menjadi kesakitan saat makan minum, dan yang lebih parah menjadi sakit saat berbicara atau tertawa yang biasanya juga disertai dengan suara yang terdengar serak.

Karena itulah, untuk mengatasi penyakit ini sangat perlu memahami penyebab maupun cara mengatasinya. Namun sebelum mencari tahu cara mengatasi sakit di tenggorokan ini maka penyebab rasa sakit ini harus diketahui terlebih dahulu agar mendapatkan solusi yang tepat. Perlu diketahui bahwa rasa sakit di tenggorokan tidaklah melulu karena radang tenggorokan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah Yang Perlu Diketahui

Ada beberapa penyebab tenggorokan sakit yang bisa terjadi. Kebanyakan bisa terjadi karena bakteri atau virus yang membuat luka, radang, atau gangguan yang memicu rasa sakit terutama saat menelan ludah atau makanan. Untuk lebih rinci berikut akan dibahas mengenai penyebab sakit tenggorokan.

Radang Tenggorokan

Penyebab pertama dari sakitnya tenggorokan yang membuatnya sulit menelan ludah dan makanan yaitu radang tenggorokan. Radang ini bisa terjadi karena adanya virus dan bakteri, atau bisa juga terjadi karena alergi terhadap aneka alergen seperti polusi, asap rokok, serbuk sari bunga, dan udara atau faktor lingkungan lainnya. Saat terjadi radang yang disebabkan karena bakteri atau virus ini jika hanya terjadi di tenggorokan tidak semuanya ditandai bengkak.

Radang Amandel

Penyebab keduanya sakit tenggorokan saat digunakan untuk menelan yaitu adanya radang pada tonsil atau amandel. Hal yang menjadi penyebabnya yaitu adanya infeksi pada kelenjar getah bening yang terletak di setiap sisi bagian belakangan tenggorokan atau amandel yang sebenarnya berfungsi sebagai pencegah infeksi agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Penyebab radang ini sama seperti radang tenggorokan, bisa karena bakteri atau berbagai virus. Jenis radang ini bisa terjadi ke segala usia meski kebanyakan terjadi saat kanak-kanak. Tanda dan gejala yang muncul yaitu sakit di tenggorokan, demam, hingga tonsil yang tampak membesar, merah, bengkak yang terkadang juga ada bercak putih kekuningan. Radang ini harus segera diatasi sebelum terjadi komplikasi lebih lanjut.

Panas Dalam

Penyebab tenggorokan sakit saat menelan ludah berikutnya yaitu karena terjadi panas dalam. Panas dalam sendiri merupakan suatu gejala yang disebabkan karena seseorang kekurangan vitamin C, dan juga terlalu banyak makan makanan yang tidak sehat seperti gorengan atau makanan berlemak dan pedas.

Penyakit Difteri

Tenggorokan sakit saat digunakan menelan berikutnya juga bisa terjadi karena penyakit difteri. Penyakit ini terjadi karena sebuah bakteri bernama Corynebacterium diphtheriae. Saat terkena penyakit difteri ini tanda yang sering muncul pada seseorang adalah pembengkakan kelenjar di leher, sakit tenggorokan, batuk yang terdengar seperti menggonggong, demam, menggigil, mulut yang terus mengeluarkan air liur, kulit kebiruan, hingga muncul bercak tebal abu-abu di amandel serta tenggorokan.

Cara kerja racun berbahaya dari bakteri penyebab difteri ini yaitu ia bisa mempengaruhi selaput lendir tenggorokan dan hidung yang kemudian memunculkan selaput putih tebal yang baru di atas permukaan organ pernapasan seperti tenggorokan, hidung, lidah dan lainnya. Untuk menghindari penyakit ini bisa dengan vaksin anti difteri.

Asam Lambung Naik

Penyebab tenggorokan sakit saat menelan juga bisa terjadi pada orang yang mengalami kenaikan asam lambung. Hal ini dikarenakan saat asam lambung naik maka akan membuatnya kembali hingga ke kerongkongan atau esofagus, sehingga asam lambung ini perlahan membuatnya iritasi.

Karena iritasi inilah akhirnya menyebabkan adanya rasa nyeri saat menelan. Untuk penyebab asam lambung naik ini ada banyak sekali, bisa terjadi karena stress, kelebihan berat badan atau obesitas, hingga bisa terjadi karena makan makanan yang memicu asam lambung seperti minuman bersoda, atau karena penyakit seperti kelainan selaput diafragma alias hiatal hernia.

Flu

Penyakit lainnya yang menyebabkan tenggorokan sakit saat menelan ludah dan makanan yaitu flu. Flu memang sering terjadi kepada kebanyakan orang yang biasanya gejalanya yaitu demam, batuk, hingga hidung tersumbat yang bahkan terkadang juga disertai dengan munculnya sakit tenggorokan.

Demikian beberapa penyebab tenggorokan sakit yang perlu anda tahu. dengan mengetahui penyebabnya secara pasti maka tentunya anda akan bisa menemukan cara mengobati sakit tenggorokan yang tepat. Cara pengobatan sakit tenggorokan bisa dengan berbagai bahan alami yang ada di sekitar kita atau dengan menggunakan bantuan medis dan memeriksakannya ke dokter.

Karena pada dasarnya, pengobatan sakit tenggorokan memanglah tergantung dari penyebabnya. Namun untuk meredakan sakit secara mudah, bisa dengan menggunakan air garam untuk berkumur karena mengandung anti inflamasi yang bagus. Atau bisa juga dengan minum air putih yang banyak, menghindari makanan atau minuman berlemak dan pedas serta panas, juga dengan menghindari rokok atau polusi.

Cara mudah lainnya untuk mengatasi sakit tenggorokan juga bisa dengan minum teh di pagi hari. Hal ini dikarenakan the memiliki efek relaksasi sehingga sakit tenggorokan pun akan terasa berkurang. Bahkan teh hitam atau hijau memiliki kandungan yang bisa melawan infeksi selain kandungan antioksidan yang tinggi.

Tentunya saat tenggorokan sakit saat menelan ludah atau makanan ini terjadi secara berkelanjutan, maka sebaiknya segera menghubungi dokter atau petugas kesehatan terdekat. Hal ini dikarenakan ika sakit tenggorokan karena infeksi atau penyakit dibiarkan maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *