Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol

3 min read

Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol

Buah sirsak sudah cukup dikenal di masyarakat. Disebut juga nangka Belanda atau Annona muricata L. Tumbuhan ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah. Tanaman sirsak didatangkan oleh Belanda ke Indonesia pada abad ke-19. Ada banyak sekali khasiat dari tanaman sirsak termasuk daunnya. Manfaat daun sirsak untuk kolesterol menjadikan bahan alami ini banyak diproduksi perusahaan herbal sebagai bahan dasar obat anti kolesterol.

Tanam sirsak bisa tumbuh tinggi hingga 9 meter. Di Indonesia, untuk bisa tumbuh dengan baik, tanaman ini harus ditanam pada 1000 meter di atas permukaan laut. Kandungan bahan-bahan alami dari sirsak juga dikenal berkhasiat sebagai anti kanker. Beberapa senyawa anti kanker yang cukup penting dari sirsak ini diantaranya adalah Acetogenin  dan adriamycin. Kedua senyawa ini membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam jaringan tubuh.

Pada bagian daun sirsak juga memiliki khasiat lain yang bisa dimanfaatkan untuk tubuh. Yang paling populer adalah kemampuan daun sirsak mengusir kolesterol jahat dari tubuh. Kolesterol merupakan lipoprotein yang terdiri dari HDL dan LDL. HDL merupakan kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi tubuh, sementara LDL merupakan kolesterol jahat yang akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Tumpukan LDL memicu penyakit jantung, stroke dan sebagainya.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol

Mengapa daun sirsak bisa digunakan untuk mengurangi dan mengusir kolesterol jahat dari dalam tubuh? Selain senyawa-senyawa anti kanker, pada daun sirsak terdapat senyawa anti-hiperlipidemia yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh. Ekstrak daun sirsak merupakan obat yang penting untuk menurukan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh.

Tahukah Anda kolesterol jahat bisa menembus dinding ke pembuluh darah arteri dan menyisakan plak yang akan mengganggu fungsi pembuluh. Penumpukan plak pada dinding pembuluh ini akan memicu meningkatkan tekanan darah meningkat. Kondisi ini juga menyebabkan terjadi resiko penyakit mematikan seperti jantung koroner, stroke dan sebagainya.

Selain hal tersebut, kolesterol juga memicu berbagai jenis penyakit lainnya seperti asam urat, diabetes, kurangnya asupan oksigen ke dalam tubuh. Sesorang yang memiliki jumlah kolesterol banyak biasanya akan ditandai dengan rasa cepat lelah, cepat mengantuk, sulit konsentrasi, mudah nafas sesak, terasa berat di bagian tengkuk, terasa panas pada bagian pundak serta rasa nyeri pada telapak kaki saat bangun dari tidur.

Makanan menjadi sumber asupan kolesterol di dalam tubuh. Bila sudah cukup lama terakumulasi dalam tubuh, maka akan segera terasa efeknya bagi kesehatan tubuh secara umum. Kebiasaan mengkonsumsi seafood dan daging dalam jumlah banyak menjadi salah satu penyebab tumpukan kolesterol dalam tubuh.

Penumpukan kolesterol ini harus diwaspadai. Tak cukup hanya dengan mengatur asupan kolesterol yang masuk ke tubuh, namun juga harus dibantu dengan mengusir kolesterol yang sudah menumpuk di dalam tubuh seseorang. Konsumsi daun sirsak akan membantu sedikit demi sedikit mengusir kolesterol jahat dari tubuh.

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Obat Kolesterol

Bagaimana cara mengolah daun sirsak untuk mengatasi kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh? Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengkonsumsi daun sirsak sebagai obat kolesterol:

  1. Ambil lah 5 helai daun sirsak atau secukupnya, lalu bersihkan dan cuci.
  2. Rebuslah di dalam 1gelas air putih sampai mendidih dan tersisa hanya setengahnya.
  3. Dinginkan air rebusan tersebut lalu pindahkan ke gelas dan jadikan sebagai minuman rutin 2 kali dalam sehari.

Air rebusan daun sirsak ini ternyata tak hanya bisa membantu mengusir kolesterol jahat dalam tubuh, namun juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mengusir asam urat, meningkatkan sistem imunitas tubuh, melindungi tubuh dari terjangkit berbagai jenis penyakit, serta mengandung antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas sebagai pemicu munculnya sel kanker.

Meskipun daun sirsak memiliki khasiat yang ampuh untuk mengusir kolesterol jahat, namun penggunaan berlebihan dari daun ini juga perlu Anda konsultasikan pada dokter. Sebab bisa menimbulkan efek samping seperti terjadinya dehidrasi, gangguan asam lambung bagi penderita maag, gangguan fungsi ginjal apabila dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah berlebihan, hingga gangguan fungsi hati.

Sangat dianjurkan Anda melakukan konsultasi dengan dokter selama mengkonsumsi bahan alami ini. Terutama buat Anda yang memiliki keluhan komplikasi penyakit lainnya, jangan sampai maksud hati ingin sembuh dari kolesterol namun justru mendapatkan penyakit lainnya.

Saat ini, banyak pihak perusahaan obat yang menggunakan bahan daun sirsak sebagai obat kolesterol dan penyakit lainnya. Ada banyak jenis obat di pasaran yang menggunakan ekstrak daun sirsak sebagai obat penyembuh kolesterol. Ini memudahkan Anda yang tidak telaten membuat air rebusan daun sirsak setiap hari, selain juga daun ini sulit didapatkan jika tidak memiliki pohon sirsak.

Hal-Hal Lain yang Perlu Dilakukan Selain Mengkonsumsi Daun Sirsak

Tak cukup hanya dengan mengkonsumsi daun sirsak saja untuk mengusir kolestereola jahat, selama melakukan proses terapi menggunakan daun sirsak, sebaiknya Anda juga perlu melakukan hal-hal sebagai berikut ini:

  1. Mengontrol pola makan dengan menghindari sumber-sumber kolesterol jahat seperti daging merah, aneka gorengan, makanan berlemak, aneka seafood dan masih banyak lagi yang lainnya. Gunakan prinsip memakan sesuatu yang dibutuhkan tubuh, bukan sesuatu yang diinginkan mulut.
  2. Memperbanyak minum air putih selama proses pengobatan, sebab konsumsi dari daun buah ini memungkinkan terjadinya dehidrasi pada tubuh. Untuk mencegahnya, minumlah air dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Selain itu, air juga mampu mengurangi resiko efek gangguan ginjal yang juga bisa disebabkan konsumsi daun sirsak tersebut.
  3. Olahraga untuk membantu membakar lemak di dalam tubuh, ini akan membantu proses pengobatan yang Anda jalani. Pilih jenis olahraga yang bisa membakar kalori, misalnya senam aerobic dan sebagainya.
  4. Konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang banyak, sebab ini juga bahan alami yang mampu mengusir lemak dalam tubuh, membersihkan toksin dari usus sebagai awal masuknya kolesterol ke dalam tubuh.
  5. Mengkonsumsi buah sejenis yang membantu mengusir kolesterol, misalnya saja dengan air lemon hangat di pagi hari yang juga dikenal ampuh mampu mengusir kolesterol jahat pada tubuh.
  6. Perhatikan gejala kolesterol yang sebelumnya ada, apakah sudah mulai berkurang atau tidak, atau justru menimbulkan keluhan sakit di bagian lain tubuh Anda. Jika ini terjadi kami sarankan untuk segera konsultasi dengan dokter.

Manfaat daun sirsak untuk kolesterol sudah banyak dibuktikan orang. Bukan hanya kolesterol yang turun, beberapa penderita diabetes juga mengaku kadar gulanya menurun setelah rutin mengkonsumi air rebusan daun sirsak. Selama proses konsumsi berjalan, sebaiknya Anda rutin mengecek kadar kolesterol Anda untuk memastikan apakah bahan alami ini bekerja dengan baik atau tidak. Untuk yang memiliki penyakit lain, juga jangan lupa kontrol kondisinya selama mengkonsumsi daun sirsak tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *