Cara Menghilangkan Flek Hitam di Muka yang Terbukti Efektif

3 min read

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Muka yang Terbukti Efektif

Cara menghilangkan flek hitam di muka memang dibutuhkan oleh setiap orang, terutama mereka yang memiliki masalah kulit sensitif terhadap jerawat. Hal ini karena umumnya flek hitam muncul sebagai bekas dari jerawat di kulit wajah. Di samping itu, bercak atau flek hitam di wajah kemungkinan juga dapat disebabkan oleh kelebihan produksi melanin pada kulit.

Faktor-faktor lain yang menyebabkan munculnya flek hitam adalah hormon tubuh yang tak seimbang, paparan sinar matahari, jerawat, kehamilan, kurangnya asupan vitamin, stress, kurang tidur, hingga konsumsi obat-obatan tertentu yang memberikan efek samping. Meskipun tidak memunculkan rasa sakit, namun flek hitam di wajah akan memunculkan rasa kurang percaya diri. Untuk itulah, dibutuhkan cara menghilangkan flek hitam di muka secara jitu demi mengatasi hal tersebut.

Inilah Cara Menghilangkan Flek Hitam di Muka dengan Bahan Alami

Seperti yang kita tahu, sebenarnya terdapat banyak sekali bahan alami yang dapat digunakan untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menghilangkan flek hitam. Dengan adanya bahan alami, maka Anda tak perlu lagi khawatir terhadap efek samping seperti halnya menggunakan obat-obatan. Tak perlu berlama-lama, berikut adalah bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Air Perasan Lemon

Cara menghilangkan flek hitam di muka yang pertama adalah dengan memanfaatkan air perasan lemon. Hal ini karena lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C tersebut memiliki peran yang cukup baik untuk menghilangkan jerawat serta flek hitam di wajah.

Adapun cara mengaplikasikannya adalah ambil satu buah lemon kemudian peras airnya. Setelah itu, celupkan sedikit bagian kapas pada air perasan lemon kemudian gosokkan pada bagian flek hitam wajah. Tunggu hingga mengering dan cuci menggunakan air bersih. Lakukan cara ini dua kali sehari selama 2 – 3 minggu untuk memperoleh hasil maksimal.

Kentang

Bahan alami yang selanjutnya adalah kentang. Sekedar informasi, kentang memiliki kandungan alami berupa zat tepung yang dapat mengurangi proses pigmentasi kulit. Di samping itu, terdapat pula kandungan enzim yang berguna memutihkan kulit wajah.

Cara menggunakannya, potong kentang tipis-tipis. Setelah itu, gosokkan potongan kentang pada bagian flek hitam di wajah Anda. Biarkan beberapa menit hingga wajah terasa mengering. Setelah itu, bilas muka menggunakan air hangat. Selain cara tersebut, Anda pun dapat menjadikan kentang sebagai bahan masker alami wajah. Terapkan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

Lidah Buaya / Aloe Vera

Cara menghilangkan flek hitam di muka selanjutnya adalah dengan lidah buaya. Seperti yang kita tahu, bahan alami yang satu ini memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyamarkan flek hitam di kulit. Di samping itu, lidah buaya juga memiliki kandungan polisakarida yang berguna untuk merangsang produksi sel kulit baru sehingga mampu memberikan kecerahan alami pada kulit wajah Anda.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengambil satu batang lidah buaya kemudian pisahkan gel dan kulitnya. Oleskan gel lidah buaya merata ke seluruh wajah Anda. Setelah itu, pijat wajah secara perlahan selama beberapa menit. Tujuannya agar kandungan berkhasiat gel lidah buaya dapat terserap pada kulit wajah secara maksimal. Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Cara yang satu ini sebaiknya diterapkan dua kali sehari hingga flek hitam di wajah Anda benar-benar menghilang.

Kayu Cendana

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah benar kayu cendana juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam di wajah? Jawabannya adalah benar. Pasalnya kayu cendana memiliki kandungan minyak alami yang mampu menghilangkan masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, hingga flek hitam di wajah.

Adapun cara menghilangkan flek hitam di muka dengan kayu cendana adalah ambil bubuk cendana kemudian jadikan pasta untuk masker. Setelah itu, oleskan pasta tersebut pada bagian flek hitam di wajah. Diamkan selama 5 – 15 menit hingga pasta mengering kemudian bersihkan wajah dengan air hangat. Langkah perawatan ini dapat Anda lakukan sehari sekali hingga flek hitam di wajah benar-benar menghilang.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang umumnya digunakan sebagai campuran makanan atau minuman. Di samping itu, ternyata kunyit juga berkhasiat menghilangkan flek hitam di kulit wajah Anda. Hal tersebut karena terdapat berbagai kandungan alami pada kunyit yang berguna untuk memperbaiki kerusakan sel kulit akibat radikal bebas dan masalah lainnya. Kunyit juga dapat digunakan sebagai bahan pencerah alami wajah.

Untuk mengaplikasikannya, Anda dapat mengambil 1 ruas kunyit yang telah dihaluskan. Setelah itu, campurkan dengan madu atau air perasan lemon. Aduk hingga ramuan tersebut berbentuk seperti pasta. Oleskan pada bagian flek hitam pada wajah Anda. Tunggu beberapa menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Almond

Cara menghilangkan flek hitam di muka yang juga dapat diterapkan adalah memanfaatkan almond. Bahan alami yang satu ini berkhasiat memberikan warna cerah alami pada kulit wajah Anda sekaligus menghilangkan flek hitam membandel di wajah. Hal ini karena terdapat kandungan antioksidan, vitamin C, serta lemak sehat pada almond sehingga kulit wajah Anda pun akan senantiasa bersih dan mulus.

Apabila Anda tertarik menggunakan almond sebagai bahan alami penghilang flek hitam di wajah, cukup ambil 10 biji almond kemudian rendam dalam segelas susu murni. Biarkan semalaman. Keesokan harinya, kupas kulit almond kemudian giling bijinya hingga halus. Campurkan gilingan almond dengan madu. Aduk hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pasta tersebut pada wajah Anda. Biarkan selama 30 menit sebelum dibilas.

Saat menggunakan almond sebagai masker, disarankan agar Anda memijat-mijat kulit Anda saat mengaplikasikannya. Hal ini dapat membantu memperbaiki warna cerah alami kulit, mengurangi kerusakan kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari, serta menghilangkan flek hitam hingga bekas luka.

Pepaya

Pepaya merupakan bahan alami yang terkenal dengan kandungan enzim tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut memiliki khasiat sebagai pencerah kulit serta mampu menghilangkan flek hitam di wajah. Selain itu, enzim papain pada buah pepaya juga dapat melindungi kerusakan kulit akibat kotoran yang menempel serta kerusakan alami lainnya.

Adapun cara menghilangkan flek hitam di muka menggunakan pepaya adalah mengoleskan daging pepaya yang telah dihaluskan pada bagian kulit kusam. Biarkan selama 10 – 15 menit kemudian bilaslah menggunakan air hangat. Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan daging pepaya dan perasan air lemon. Aduk hingga membentuk pasta kemudian dijadikan sebagai masker alami untuk wajah. Cara tersebut dapat Anda lakukan selama 3 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam di muka menggunakan bahan alami. Dengan demikian, maka Anda tak perlu lagi kehilangan rasa percaya diri akibat munculnya flek hitam atau wajah kusam. Penggunaan bahan tersebut secara teratur juga dapat membantu Anda memperoleh kulit wajah yang halus, cerah, dan bersinar. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *