Cara Mengembangkan Kecerdasan Anak Balita

1 min read

Cara Mengembangkan Kecerdasan Anak Balita

Anak yang masih kecil di bawah umur 5 tahun atau yang dikenal dengan sebutan anak balita ini memiliki otak yang sangat bagus. Mereka bisa meniru apa yang sering dilihat, mereka bisa ingat apa yang pernah dikatakan atau dilihat dan lain sebagainya.

Anak balita sudah memiliki akal dan pikiran yang cerdas. Sebagai orang tua harus meningkatkan dan mempertahankan kecerdasaan yang dimiliki oleh anak. Memiliki anak yang cerdas tentu membuat para orang tua merasa bangga bukan? Maka dari itu Anda perlu mengembangkan kecerdasa anak saat balita.

Anak yang cerdas dapat dipastikan memiliki masa depan yang cerah. Sebagai orang tua tentu harus mendukung hal demikian. Dengan memiliki anak yang cerdas maka segala impiannya akan lebih mudah terwujud. Apa yang bisa dilakukan orang tua agar anak balita tumbuh jadi anak yang cerdas?

Ada banyak cara mengembangkan kecerdasaan anak balita untuk membantu orang tua yang belum berpengalaman. Beberapa cara telah dirangkum pada artikel ini, langsung saja simak rangkuman di bawah ini.

Sediakan Makanan Bergizi

Makanan yang akan dimakan oleh anak Anda harus mengandung banyak gizi. Jika anak makan makanan yang bergizi tinggi maka otak akan bekerja dengan baik. Makanan apa saja yang mengandung gizi?

Contohnya saja seperti cereal, buah, sayur, dan masih banyak lagi yang bisa diberikan untuk anak. Kecerdasan anak perlu didukung dengan makanan yang bergizi. Selain mampu membuat anak balita menjadi cerdas, juga dapat membuat kesehatan anak menjadi lebih terjaga.

Memberi Vitamin Tambahan

Banyak toko yang menyediakan vitamin tambahan untuk anak. Vitamin tambahan ini berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak. Ada banyak jenis vitamin yang terjual di toko.

Anda harus memiliki vitamin mana yang cocok untuk kebutuhan anak dan Anda juga harus memperhatikan dosisnya. Memberi vitamin tambahan tidak perlu setiap hari karena bisa jadi vitamin tersebut memiliki dosis yang besar. Hal demikian harus dihindari agar tidak terjadi hal buruk pada anak.

Melatih dan Mengetes Kecerdasan Anak

Agar anak Anda menjadi orang yang cerdas, sebagai orang tua harus lebih sering melatih dan mengetes kecerdasan. Anda bisa melakukannya dengan menanyakan beberapa hal mengenai pelajaran yang akan dipelajari semasa sekolah.

Contohnya saja seperti matematika, menyebutkan nama-nama hewan, dan semua yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu memberi pengetahuan terlebih dahulu, kemudian lakukan tes kecerdasan pada anak sesering mungkin agar tidak lupa.

Mengatur Pola Tidur Anak

Anak di bawah umur 5 tahun atau balita harus memiliki pola tidur yang bagus. Di bawah pukul 09.00 anak balita harus sudah tidur. Pada saat tidur juga diusahakan tidak ada suara yang menganggu seperti suara musik. Mengapa demikian?

Pada saat anak tidur sembari mendengarkan musik maka otaknya akan tetap bekerja. Meskipun dia tertidur namun saat bangun akan merasa lelah akibat semalaman mendengarkan musik. Maka dari itu sebagai orang tua harus memperhatikan pola tidur anaknya.

Jangan Biarkan Perut Anak Anda Kosong

Semua orang bahkan tidak dibolehkan mengosongkan perut selain puasa. Semua orang dari pagi hingga sore harus sudah mengisi perut dengan makanan. Bisa dengan makanan ringan saja agar tidak terlalu merasa kenyang.

Terutama pada saat pagi hari semua orang akan mulai beraktivitas maka dari itu harus diisi dengan makanan. Sedangkan untuk anak Anda bisa mengawali pagi dengan sarapan berupa susu dan roti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *