Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur Malam Hari

1 min read

Cara Mengatasi Anak yang Susah Tidur Malam Hari

Anak-anak identik dengan hal yang berbau keceriaan. Contohnya saja seperti bermain suatu mainan atau bermain dengan teman lainnya. Bahkan pada malam hari sudah waktunya tidur kadangkala anak sangat susah untuk tidur.

Sudah waktunya tidur tetapi anak masih suka berbicara atau bahkan masih bermain-main. Sebagai orang tua harus sabar ketika akan membuat anak tidur di malam hari. Orang tua harus melakukan segala hal agar anak mau diajak untuk tidur karena waktu sudah mulai malam.

Mengapa anak susah tidur di malam hari? Ada banyak hal yang membuat anak merasa susah tidur di malam hari. Anda bisa menghindari penyebab anak susah tidur ini agar Anda juga dapat beristirahat di malam hari. Orang tua pasti merasakan lelah karena bekerja seharian, sehingga pada malam hari sudah waktunya untuk tidur.

Sebelum membahas mengenari cara mengatasi anak yang susah tidur, kita akan membahas mengenai penyebabnya terlebih dahulu. Di bawah ini terdapat beberapa penyebab yang sering dilakukan anak ataupun orang tua.

Penyebab Anak Susah Tidur

  1. Sering bercanda dan tertawa pada saat pagi hingga sore hari.
  2. Anak sering berlarian hingga kaki merasa pegal, hal ini juga dapat mempengaruhi anak menjadi susah tidur karena merasa pegal pada kaki.
  3. Anak suka bermain game sehingga pada malam hari ia lebih suka memainkan gadget dibandingkan tidur malam.
  4. Anak merasa lapar sehingga waktu tidur malam menjadi terganggu.
  5. Jauh dari orang tua, ini sering terjadi jika orang tua pergi bekerja dan anak dititipkan oleh pembantu rumah tangganya.

Itulah beberapa penyebab mengapa anak menjadi susah tidur. Maka dari itu orang tua harus menghindari penyebab di atas. Dengan demikian para orang tua akan lebih mudah membuat anak tidur pada malam hari. Dengan menghindari penyebab di atas saja belum cukup, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan.

Dimana lagi kalau bukan di artikel ini yang menyediakan beberapa cara mengatasi anak yang susah tidur malam hari. Untuk mempercepat, di bawah ini beberapa rangkuman cara mengatasinya.

Membersihkan Kamar Tidur

Agar anak Anda menjadi lebih nyenyak saat tidur malam, maka Anda harus membuat kamar anak menjadi lebih nyaman. Caranya yaitu dengan membersihkan kamar dan membuat kamar menjadi lebih harum. Kamar yang nyaman untuk ditempati tentu akan membuat nyaman juga untuk tidur.

Kamar yang terasa nyaman, indah, dan bersih pasti akan cepat membuat anak Anda tidur malam. Kalau perlu beri obat nyamuk agar tidak ada nyamuk yang mengganggu pada saat tidur.

Menyanyikan Lagu atau Membacakan Dongeng

Ada beberapa anak yang mau tidur ketika dinyanyikan sebuah lagu atau dibacakan buku dongeng hingga tertidur. Anda bisa melakukan cara ini untuk membantu anak mudah tidur di malam hari. Dengan menyanyikan lagu atau cerita dongeng nanti anak Anda akan sedikit ikut bicara.

Jika lelah berbicara pasti anak akan cepat tertidur karena merasa lelah terlalu banyak berbicara. Sama dengan menyanyikan lagu pasti anak akan meniru tetapi akan mudah lelah juga lalu tertidur.

Jangan Terlalu Banyak Makan dan Minum

Sebelum tidur tidak dianjurkan untuk mengonsumsi banyak makanan dan minuman karena dapat menganggu saat tidur. Meskipun dipercaya dapat membuat tidur nyenyak tapi berbeda dengan anak-anak. Mereka akan lebih susah tidur jika makan atau minum terlalu banyak sebelum tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *