Cara Mengatasi Anak Cemburu pada Orang Tua

1 min read

Cara Mengatasi Anak Cemburu pada Orang Tua

Anak kecil memang memiliki tingkat yang sangat menggemaskan. Entah itu pada saat usil, saat menangis, saat bahagia, dan di segala mood anak-anak. Ada saja kelakukan yang membuat para orang tua merasa gemas kepada anaknya.

Salah satu contoh kelakukan anak yang cukup membuat gemas yaitu pada saat merasa cemburu kepada orang tua. Anak kecil yang dirasa tidak memiliki pikiran itu, justru mereka melakukannya dengan gerak gerik yang membuat orang tua makin sayang kepada anaknya.

Ada beberapa hal yang membuat anak merasa cemburu. Misalkan jika anak laki-laki cemburu berarti saat melihat ibu dipeluk oleh ayah. Sebaliknya jika anak perempuan cemburu berarti melihat ayah dipeluk oleh ibu. Rasa cemburu yang diungkapkan oleh anak juga membuat para orang tua merasakan kebahagiaan.

Kadangkala anak mengungkapkan dengan cara menangis, dengan cara marah lalu memukuli ibu atau ayah, dan masih banyak lagi. Lantas bagaimana cara mengatasi anak yang cemburu kepada orang tua? Simak caranya di bawah ini.

Memberi Kasih Sayang Lebih Kepada Anak

Anak memiliki perilaku yang manja. Sehingga anak akan merasa cemburu jika orang tua berpelukan di depan matanya. Mereka akan merasa bersedih atau marah karena menganggap bahwa dirinya sudah tidak disayang.

Maka dari itu untuk menghindari rasa cemburu, Anda harus memberi kasih sayang yang lebih kepada anak. Anda bisa memberi kasih sayang tersebut melalui pelukan kepada anak, bercanda bersama anak, bermain bersama anak dan masih banyak lagi.

Memberi Seluruh Waktu Luangnya Untuk Anak

Anak yang masih dibawah umur 5 tahun kadangkala selalu ingin bermain atau bepergian bersama orang tua. Tetapi jika waktu luangnya dipakai untuk berduaan dengan suami atau istri maka anak Anda akan merasa cemburu.

Cara mengatasinya yaitu dengan memberi seluruh atau sebagian waktu luangnya untuk anak Anda. Bisa dengan cara pergi ke suatu tempat wisata, pergi membeli mainan, atau apapun itu yang membuat anak merasa bahagia ketika bersama orang tua.

Berusaha Untuk Tidak Berbicara Keras

Ada beberapa orang tua yang lebih bersikap halus dan lembut ketika bersama dengan pasangannya. Tetapi jika bersama dengan anaknya justru terlihat seperti singa tidur yang dipaksa bangun. Anak-anak cenderung usil yang membuat orang tua terpancing emosinya.

Anak akan merasa cemburu akan perbandingan tersebut dan itu akan merusak mental anak Anda. Cara mengatasinya yaitu samakan cara berbicara antara pasangan dengan anak, yang sama-sama berbicara halus.

Tidak Pilih Kasih

Masalah ini kadangkala muncul pada saat Anda memiliki 2 anak. Anak yang terakhir lebih cenderung dimanja. Segala sesuatu yang diinginkan oleh anak terakhir pasti akan cepat diberikan. Bagaimana nasib anak pertama?

Tentu ia merasa cemburu karena tidak mendapat apa yang ia inginkan. Maka dari itu sebagai orang tua yang bijak harus bersifat adil. Terlebih lagi jika memiliki anak lebih dari 1, semuanya harus diperlakukan adil agar tidak merasa iri dan cemburu satu sama lainnya.

Mendengarkan Segala Keluh Kesah Anak

Anak yang dianggap tidak memiliki beban pikiran ternyata mereka juga dapat merasa kejanggalan yang membuatnya merasa cemburu, sedih dan sebagainya. Pasti akan ada hal yang ingin anak sampaikan. Dengarkanlah setiap apa yang anak ucapkan karena disitulah Anda bisa tahu apa yang harus dilakukan.

Entah itu anak kecil atau dewasa jika itu merupakan anak Anda maka dengarkanlah segala keluh kesahnya. Tidak hanya mendengarkan saja namun sebisa mungkin memberikan saran terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *