Cara Menambah Berat badan Secara Alami yang Terbukti Ampuh

3 min read

Cara Menambah Berat badan Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Untuk Anda yang memiliki tubuh kurus dan susah untuk menaikkan berat badan, Anda wajib membaca artikel tentang cara menambah berat badan secara alami berikut ini. Di dunia ini memang ada berbagai tipe dan bentuk tubuh manusia. Ada orang yang mudah sekali mengalami peningkatan berat badan tetapi ada pula yang terjadi sebaliknya yaitu susah sekali untuk meningkatkan berat badannya, dan kedua hal tersebut dapat menjadi suatu masalah.

Sebab setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang ideal. Tubuh yang ideal di sini artinya tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Karena tubuh yang terlalu gemuk dan terlalu kurus, keduanya sama-sama berpotensi menimbulkan penyakit dan mengurangi rasa percaya diri.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki tubuh yang kurus. Faktor tersebut antara lain yaitu faktor genetik, kurang asupan nutrisi, gaya hidup yang tidak sehat, dan adanya penyakit-penyakit tertentu. Faktor genetik maksudnya yaitu dari gen keluarganya yang memang cenderung memiliki tubuh kurus.

Kekurangan nutrisi biasanya terjadi karena kurangnya nafsu makan atau kurangnya kombinasi nutrisi yang tepat dalam menu sehari-hari. Gaya hidup yang tidak sehat yang dapat menyebabkan berat badan susah naik antara lain merokok, minum minuman beralkohol, kurang istirahat, dan stres. Menderita penyakit kronis seperti TBC, kencing manis, hepatitis, kanker, HIV/Aids dan sebagainya juga dapat menurunkan berat badan seseorang secara drastis.

Berbagai Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Tubuh yang terlalu kurus biasanya akan terlihat kerempeng, tidak berisi, kurang bertenaga, terlihat lebih tua, dan identik dengan kurang gizi atau seperti orang sakit. Sehingga orang yang memiliki tubuh yang sangat kurus pastinya mendambakan untuk memiliki berat badan yang ideal dan sehat.

Untuk menaikkan berat badan secara cepat Anda dapat menggunakan ramuan tradisional yang alami dan terbukti aman. Jangan menggunakan obat-obatan yang tidak jelas tentang keamanannya karena justru dapat membahayakan kesehatan Anda. Cara menambah berat Badan Secara Alami dapat Anda lakukan dengan ramuan tradisional berikut ini:

1. Temulawak

Anda mungkin sudah sering mendengar khasiat tanaman yang satu ini. Temulawak merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan termasuk salah satunya untuk meningkatkan berat badan. Tanaman ini mudah ditemukan di sekitar kita dan sangat cocok dibudidayakan sebagai tanaman obat keluarga.

Cara menambah berat badan secara alami dengan temulawak caranya yaitu siapkan dua jari rimpang temulawak, cuci sampai bersih. Setelah itu potong temulawak menjadi bagian kecil-kecil dan masukkan ke dalam panci berisi 2 gelas air. Rebus hingga mendidih, lalu disaring untuk diambil airnya. Setelah dingin, minum ramuan temu lawak tersebut, lakukan secara teratur dua kali dalam sehari.

2. Lengkuas

Lengkuas yang sehari-hari sering digunakan sebagai bumbu dapur ini ternyata juga dapat digunakan untuk menambah berat badan. Caranya cukup mudah yaitu siapkan 3 jari rimpang lengkuas, cuci sampai bersih, kemudian diparut.

Setelah itu tambahkan sekitar seperempat gelas air matang hangat ke dalam parutan lengkuas. Lalu peras parutan lengkuas untuk diambil airnya. Minum air perasan lengkuas tersebut secara teratur tiga kali sehari sebelum makan dengan takaran 1 sendok makan .

3. Daun pepaya

Anda juga dapat menambah berat badan dengan daun pepaya. Caranya yaitu siapkan 1 helai daun pepaya, dicuci sampai bersih, lalu dikukus sebentar. Setelah itu daun pepaya dilumat/dihaluskan dengan menambahkan setengah gelas air matang dan 1 pucuk sendok garam dapur. 

Lalu peras daun pepaya tersebut untuk diambil airnya. Minumlah perasan air daun pepaya tersebut secara teratur untuk menaikkan berat badan secara cepat.

4. Daun pegagan

Cara menambah berat badan secara alami yang berikutnya yaitu dengan daun pegagan. Cara membuatnya yaitu siapkan satu genggam daun pegagan, cuci sampai bersih. Masukkan daun pegagan tersebut ke dalam panci berisi dua gelas air lalu rebus sampai mendidih.

Setelah dingin disaring dan tampung air rebusan daun pegagan dalam sebuah gelas. Minum ramuan daun pegagan tersebut 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Daun pandan wangi

Daun pandan wangi sering digunakan sebagai penyedap makanan karena baunya yang harum. Daun ini ternyata juga dapat digunakan sebagai ramuan penambah berat badan. Cara membuatnya yaitu siapkan lima lembar daun pandan wangi, cuci sampai bersih.

Lalu potong daun pandan wangi tersebut menjadi bagian kecil-kecil dan masukkan dalam panci yang berisi tiga gelas air, rebus sampai mendidih. Setelah dingin, minum ramuan pandan wangi tersebut, lakukan secara teratur 2 kali dalam sehari.

6. Brotowali

Brotowali juga merupakan tanaman herbal yang sangat terkenal karena beragam khasiatnya untuk kesehatan.Tanaman brotowali ternyata juga dapat digunakan untuk membentuk tubuh yang ideal. Cara menambah berat badan secara alami dengan menggunakan brotowali yaitu siapkan 3 helai daun brotowali serta 2 jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil-kecil.

Lalu masukkan daun dan batang brotowali tersebut ke dalam panci berisi 2 gelas air dan rebus sampai mendidih. Setelah dingin lalu disaring, dan minum air rebusan brotowali tersebut 1 gelas dalam sehari.

7. Daun kenikir

Daun kenikir yang sering dimanfaatkan untuk lalapan dan pecel ini ternyata juga mempunyai khasiat yang ampuh untuk menambah berat badan. Caranya sangat mudah, yaitu Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung dengan menjadikannya lalapan ketika makan. Konsumsi secukupnya sesuai selera Anda berbarengan saat Anda makan.

8. Alpukat

Alpukat dikenal merupakan buah yang mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh. Sehingga dengan makan buah ini akan menambah kalori secara signifikan namun tetap aman untuk kesehatan karena lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak yang mudah larut. Perbanyaklah makan buah alpukat ini agar berat badan Anda cepat naik.

Selain menerapkan cara menambah berat badan secara alami dengan ramuan tradisional seperti yang telah disebutkan di atas, tentunya hasilnya akan lebih efektif jika dibarengi dengan memperbaiki pola asupan nutrisi sehari-hari dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Menu makanan yang dapat Anda pilih yaitu makanan yang banyak mengandung protein, antara lain yaitu daging sapi, daging ayam, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

Pastikan bahwa kalori Anda tercukupi dengan mengkonsumsi makanan pokok seperti nasi, gandum, kentang, jagung, roti, dan sebagainya. Selain itu jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur untuk memperkaya nutrisi dan melancarkan metabolisme tubuh. Untuk memperoleh nutris yang lengkap Anda juga dapat mengkonsumsi susu setiap hari.

Sebaiknya susunlah menu makanan yang bervariasi agar nafsu makan Anda meningkat. Anda dapat belajar menyusun menu atau mengolah makanan sederhana menjadi lezat dan bergizi dari majalah atau internet. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal tentunya Anda juga harus menerapkan gaya hidup yang sehat antara lain yaitu menghindari kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, dan kurangi begadang. Miliki istirahat yang cukup dan hindari stres.

Jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus untuk membentuk otot agar lebih berisi. Dan jika Anda menderita penyakit yang menyebabkan tubuh Anda menjadi kurus, maka segera periksakan ke dokter agar mendapatkan terapi penyembuhan terhadap penyakit yang Anda derita tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *