Cara Membesarkan Anak yang Baik Menurut Islam

1 min read

Cara Membesarkan Anak yang Baik Menurut Islam

Anak merupakan titipan tuhan yang harus dibesarkan dan dijaga dengan baik. Anak adalah hasil dari sebuah pernikahan sah menurut islam. Memiliki keturunan merupakan sebuah anugerah yang sangat besar dari tuhan.

Sehingga bagi para orang tua harus selalu ikhlas menjaga dan membesarkan anak dengan baik agar tumbuh menjadi manusia yang baik juga. Tidak hanya pernikahan sah saja, segala jenis pernikahan yang membuahkan keturunan wajib untuk dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya karena tidak semua wanita mampu memiliki keturuan.

Ada beberapa orang tua yang mungkin belum mengetahui cara membesarkan anak dengan baik menurut islam. Mereka hanya membesarkan sesuai pengetahuan mereka saja tanpa mengerti ajaran menurut islam.

Ada banyak ayat yang menyebutkan bahwa sebagian orang tua sangat wajib untuk mengurus anaknya. Dalam mengurus dan membesarkan anak juga harus memperhatikan ajaran islam. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara membesarkan anak yang baik menurut islam.

Cara Membesarkan Anak yang Baik Menurut Islam

Rasulullah SAW., pernah bersabda di dalam surah At-Tahrim ayat 6 sebagai berikut :

Dalam arti ayat diatas bahwa sebagai orang tua diperintahkan untuk menjaga atau memelihara keluarga. Terlebih lagi seorang anak yang merupakan titipan Allah SWT., maka dari itu harus dijaga dan dibesarkan dengan sebaik mungkin.

Jika Anda tidak menaati aturan Allah SWT., maka bersiap-siaplah untuk mendapatkan balasan di akhirat. Ada banyak hal yang harus diajarkan kepada anak-anak. Ada banyak hal juga yang harus Anda ketahui tentang cara membesarkan anak dengan baik menurut islam, contohnya sebagai berikut.

  1. Para orang tua tidak diperbolehkan memarahi dengan keras kepada anak.
  2. Orang tua tidak diperbolehkan berkata kasar apalagi sampai memukul anak.
  3. Orang tua sudah diwajibkan untuk menafkahi anak setiap hari.
  4. Orang tua wajib melindungi anak dari segala bahaya yang akan menimpa.
  5. Orang tua wajib menasehati anak dengan baik jika melakukan kesalahan.
  6. Orang tua harus memberi contoh yang baik agar muda ditiru oleh anak-anak Anda.
  7. Para orang tua wajib memeri pendidikan yang layak untuk anak Anda.
  8. Para orang tua wajib memberi kehidupan yang layak pula untuk anak-anak.
  9. Para orang tua wajib memberi nama anak yang memiliki arti baik menurut islam. Anda bisa mencari nama untuk anak dengan berdasarkan Al-Qur’an.
  10. Mengajarkan anak tentang kegiatan islam mulai dari kecil hingga dewasa.
  11. Memberitahu cara berbicara sopan santun kepada yang lebih tua dan menghargai yang lebih muda.

Diatas cara membesarkan anak yang baik menurut islam yang wajib diterapkan oleh semua orang tua. Dengan mengajarkan hal positif kepada anak tentu anak Anda akan tumbuh menjadi manusia yang baik hati. Masih ada banyak cara membesarkan anak dengan baik namun beberapa point pentingnya sudah tertera di atas.

Sehingga bagi Anda yang sudah memiliki anak harus merawatnya dengan sangat baik agar tidak terjerumus ke hal negatif. Terutama dalam hal pergaulan yang saat ini sudah sangat memprihatinkan bagi anak-anak yang beranjak remaja.

Itulah cara membesarkan anak yang baik menurut islam. Sebagai orang tua harus membuat masa depan anaknya lebih baik dan cerah. Dengan kandungan ayat yang ada di atas bisa Anda terapkan dan jadikan pedoman dalam mengurus buah hati. Masa depan anak Anda sangat bergantung dengan apa yang orang tua lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *