7 Menu Resep Bubur Bayi 7 Bulan yang Sehat dan Disukai Bayi

3 min read

7 Menu Resep Bubur Bayi 7 Bulan yang Sehat dan Disukai Bayi

Memasuki usia di atas 6 bulan, bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI yang dapat membantu asupan nutrisi gizi pada bayi. Setiap pertambahan usia biasanya dibarengi dengan percobaan makanan yang baru bagi bayi. Disesuaikan secara bertahap dan biasanya ada kecenderungan bayi menyukai jenis makanan tertentu. Hal paling penting dalam penyajian MPASI selain ukuran dan jenisnya yang bertahap, usahakan sedini mungkin agar tidak menggunakan garam dan penyedap. Resep bubur bayi 7 bulan misalnya, bisa Anda pelajari.

Makanan pendamping ASI untuk bayi usia 7 bulan teksturnya masih lunak dan lembut. Bisa berupa bubur yang dihaluskan atau disaring. Ini adalah bulan-bulan pertama bayi dikenalkan dengan makanan yang baru, sehingga usahakan makanan yang terbaik dengan kualitas penyajian yang sempurna. Di bulan-bulan selanjutnya mulai divariasikan jenis dan ukurannya serta cara penyajiannya.

Resep Bubur Bayi 7 Bulan yang Sehat dan Mudah Dibuat

Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki bayi, mungkin masih bingung menu apa yang terbaik disajikan untuk bayi usia 7 bulan. Berikut ini beberapa jenis pilihan menu yang bisa Anda coba:

  • Bubur sayur campur

Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan bayi pada usia 7 bulan adalah sayuran. Anda bisa mencampur beberapa jenis sayuran seperti wortel, brokoli, dan kentang. Cuci bersih dan potong-potong sayuran tersebut lalu kukus hingga matang. Setelah matang haluskan dengan blander dan tuangkan ke dalam wadah.

Karena bayi baru pertama kali akan mencoba makanan yang baru, dari sebelumnya hanya mengenal susu, maka secara bertahap makanannya pun harus dicampur susu lebih dulu. Buatlah larutan susu formula secukupnya lalu campurkan ke dalam sayuran yang sudah diblander tadi, aduk rata dan suapkan pada bayi Anda secara sedikit demi sedikit.

  • Bubur kaldu tahu

Bila ingin mengenalkan rasa pada bayi, maka cobalah dengan menggunakan kaldu alami. Kaldu ayam alami ini memberikan rasa gurih alami yang disukai bayi. Cara membuatnya pun sangat gampang. Rebus beberapa potong ayam kampung lalu ambil kuah kaldunya.

Sementara itu, kukus potongan tahu, wortel, tomat dan kentang. Setelah matang angkat dan blander hingga halus. Letakkan bubur sayur ini ke dalam mangkuk, lalu tambahkan kuah kaldu secara perlahan dan aduk hingga rata. Suapkan pada bayi secara bertahap. Jangan memaksa jika bayi memang tidak berselera.

  • Resep bubur pisang jeruk bayi

Pisang menjadi buah yang paling pertama kali dikenalkan pada bayi. Selain teksturnya yang lunak, buah ini juga kaya nutrisi yang dibutuhkan bayi. Pisang juga dibutuhkan untuk melancarkan sistem pencernaan bayi supaya tidak susah BAB.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Kupas pisang ambon dan haluskan pada suatu wadah. Lalu campurkan dengan air perasan jeruk baby, aduk hingga rata. Jeruk juga dibutuhkan untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh bayi. Variasi menu pisang ambon juga bisa dicampurkan dengan susu yang dikonsumsi bayi. Rasa manis pada pisang ambon umumnya disukai bayi. Dan jenis pisang terbaik yang dipakai untuk makanan bayi adalah jenis pisang ambon.

  • Bubur ikan tuna

Memperkenalkan menu ikan juga sudah bisa dimulai pada usia 7 bulan. Namun tetap dengan tekstur bubur yang lembut dan sedikit cair. Ambil 3 potong ikan tuna lalu kukus hingga masak menggunakan sereh, jahe, lengkuas dan bawang putting yang sudah dihaluskan. Pada tempat terpisah, kukus wortel, tomat dan kentang, angkat setelah dingin.

Haluskan dengan blander campuran sayur dan ikan tuna yang sudah dikukus hingga ukurannya benar-benar halus. Anda bisa memasukkan campuran sayur dan ikan ini ke dalam bubur beras yang disaring. Campur dan aduk hingga rata. Komposisi dari bubur ini sudah mengandung karbohidrat, serat dan vitamin hingga protein yang cukup lengkap.

  • Alpukat bubur madu

Selain pisang, buah lainnya yang bersifat lunak dan bisa dijadikan sebagai menu pilihan MPASI bayi usia 7 bulan adalah alpukat. Cara penyajiannya pun cukup mudah. ambil lah daging buah alpukat yang berwarna kuning yang tidak pahit. Haluskan menggunakan sendok. Daging ini bisa dicampur dengan madu dan sedikit air hingga cair lalu disuapkan kepada bayi. Atau jika ingin lebih mudah, bisa juga dengan menambahkan larutan susu untuk membuat bubur alpukat yang disukai bayi.

  • Bubur beras merah

Bila ingin memperkenalkan beras, maka bisa menggunakan jenis beras merah yang terbaik. Buat lah bubur beras merah lebih dulu hingga benar-benar lunak, lalu saring dan ambil hasil saringannya yang cair.

Kukus beberapa jenis sayur seperti wortel, kentang dan brokoli hingga masak, lalu blander hingga ukurannya halus dan saring. Campurkan hasil saringannya dengan hasil saringan beras merah.

Anda bisa juga menambahkan protein pada menu bubur bayi Anda. Rebus hingga masak beberapa potong ayam kampung, lalu blander dagingnya hingga halus. Saring dan ambil bagian yang cair. Campurkan pada campuran sayur dan beras merah tadi dan aduk hingga rata. Bubur yang sudah lengkap nutrisinya dan berbentuk cair tersebut sudah bisa dikonsumsi oleh bayi usia 7 bulan.

  • Bubur kacang hijau

Menu bubur kacang hijau juga sudah bisa Anda berikan untuk bayi usia 7 bulan. Tentu saja tidak sama dengan bubur kacang hijau orang dewasa. Rebus dan haluskan kacang hijau lalu saring. Campurkan beberapa sendok madu untuk menciptakan rasa manis yang disukai bayi.

Atau bisa juga dengan menambahkan susu formula ke dalam hasil saringan kacang hijau tadi. Jangan menggunakan santan atau gula merah seperti orang dewasa. Usahakan seminimal mungkin menggunakan bahan-bahan alami untuk menemukan rasa yang disukai bayi.

Mengapa mengenalkan makanan pendamping ASI untuk bayi usia 7 bulan dilakukan secara bertahap? Selain karena soal kesanggupan mereka untuk menelan dan mengenalinya, juga untuk membantu menyempurnakan sistem organ tubuh pada bayi agar bisa berkembang dengan lebih sempurna.

Misalnya saja meminimalkan penggunaan garam dan gula, apalagi penyedap, tentu saja untuk menjaga agar kondisi ginjal dari bayi bisa dijaga sedini mungkin. Memaksakan jenis makanan yang tidak sesuai dengan usianya akan berakibat fatal pada kerusakan organ tubuh terutama pencernaan. Hindari juga rasa trauma pada bayi yang juga akan memicu bayi tidak mau lagi mengkonsumsi jenis makanan yang membuatnya trauma.

Resep bubur bayi 7 bulan sebenarnya sangat banyak dan bervariasi, namun tentunya tetap harus disesuaikan dengan apa yang menjadi kesukaan bayi Anda. Variasikan menu agar bayi cepat mengenali rasa makanan yang baru. Pastikan ukurannya sesuai dengan usia perkembangan bayi. Bila anak Anda susah makan, Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter anak. Apakah penggunaan suplemen dianjurkan? Sebaiknya lakukan lebih dulu cara-cara alami untuk membantu meningkatkan selera makan pada bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *