10 Jenis Buah untuk Sakit Maag Kronis yang Tetap Aman Dikonsumsi

3 min read

10 Jenis Buah untuk Sakit Maag Kronis yang Tetap Aman Dikonsumsi

Penyakit maag merupakan penyakit yang disebabkan kenaikan asam lambung. Jenis penyakit ini termasuk jenis penyakit psikis yang disebabkan faktor pola makan yang tidak teratur. Namun tahukah Anda, beberapa jenis buah ternyata ada yang memiliki kandungan unsur dan senyawa yang membantu mengurangi produksi asam lambung. Jenis buah untuk sakit maag membantu meredakan rasa nyeri pada lampung sekaligus mengurangi rasa mual yang biasanya ikut muncul.

Namun demikian, beberapa jenis buah lainnya juga mesti Anda waspadai terhadap masalah maag yang Anda alami. Misalnya buah jeruk nipis, untuk Anda yang memiliki riwayat maag sebaiknya menghindari buah ini terlebih pada saat perut kosong. Jika Anda menyukai kesegaran dan rasa asamnya, bisa menggantinya dengan buah lemon yang lebih bersahabat.

Daftar Buah untuk Sakit Maag yang Ampuh Mengurangi Rasa Nyeri dan Mual

Tahukah Anda, ada beberapa jenis buah yang dianjurkan dikonsumsi untuk penderita maag. Mengkonsumsi buah-buah tersebut akan membantu mengurangi rasa sakit pada lambung, bahkan juga bisa dijadikan terapi penyembuhan maag. Apa saja buah-buah tersebut? diantaranya sebagai berikut:

Buah pisang

Pisang merupakan buah murah yang bisa dengan mudah Anda konsumsi di rumah. Pisang mengandung unsur kalium yang berguna membantu mengatur pH lambung agar tidak asam. Kalium membantu menetralkan suasana asam yang memicu terjadinya kembung, nyeri, sakit dan sebagainya. Makan lah 1 sampai 2 buah pisang pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari. Selain membantu mengatur pH, juga membantu melancarkan sistem pencernaan.

Timun

Buah ini memiliki efek dingin yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada lambung yang mengalami maag. Untuk meningkatkan efek dinginnya, bisa dilakukan dengan merebus buah timun sebelum dimakan, atau dengan membuatnya jus yang tidak disaring, langsung diminum. Khasiatnya lebih terasa jika dikonsumsi dengan cara begini. Lambung akan terasa lebih dingin dan dapat mengurangi produksi asam lambung yang memicu nyeri.

Labuh kuning

Jenis buah ini banyak digunakan orang untuk olahan makanan seperti kolak. Ada juga yang menyantapnya cukup dengan hanya direbus saja. Buah labuh kuning ini rasanya dingin saat dikonsumsi.

Warna kuningnya merupakan senyawa beta karoten yang dibutuhkan untuk melindungi dinding lambung dari iritasi yang disebabkan peningkatan jumlah asam dalam lambung. Oleh karena itu, penderita maag sangat dianjurkan mengkonsumsi labu kuning. Rasanya yang dingin juga secara langsung sudah mengurangi rasa nyeri pada lambung yang sakit.

Buah melon

Jenis buah ini juga mengandung banyak air dan memberikan efek dingin pada lambung yang sedang perih. Selain itu, melon juga memiliki kandungan unsur kalium yang cukup tinggi. Unsur basa ini dibutuhkan untuk membantu mengontrol suasana pH asam dalam lambung yang disebabkan oleh asam lambung. Mengkonsumsi jus melon akan cukup membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh. Segarnya buah ini juga akan membantu menghilangkan rasa eneg dan mual.

Buah pepaya

Jenis buah ini cukup mudah didapat dan bisa Anda konsumsi setiap hari. Biasanya buah ini banyak dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah pencernaan. Namun siapa sangka, Anda yang mengalami sakit maag pun ternyata dianjurkan memperbanyak konsumsi buah pepaya.

Di dalam buah pepaya yang berwarna jingga, terdapat kandungan 2 senyawa penting yang dibutuhkan penderita maag. Kedua senyawa tersebut adalah asam askorbat dan asam asetat alami. Kedua senyawa ini ternyata efektif membantu melapisi luka yang terjadi pada lambung. Selain itu rasa dinginnya juga akan membantu mengurangi rasa perih dan mual yang dirasakan.

Buah dan air kelapa

Ternyata mengkonsumsi air kelapa dan dagingnya bisa membantu mengurangi masalah keluhan sakit maag. Kelapa mengandung banyak ion yang dibutuhkan oleh tubuh. Ion-ion atau mineral ini turut membantu menstabilkan suasana asam di dalam lambung yang disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Dengan demikian pH yang ada akan bisa lebih dikontrol dalam suasana normal. Hasilnya rasa kembung dan perih berlahan-lahan akan hilang.

Buah apel

Buah ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi masalah sakit maag yang mengganggu. Apel mengandung senyawa polifenol yang menurut beberapa penelitian telah berhasil membantu meredakan rasa nyeri dan sakit akibat peningkatan asam lambung.

Seorang peneliti dari Universitas Federico II, Napoli dan Seconda Universita di Napoli berhasil menguji coba penggunaan buah apel untuk mengurangi sakit asam lambung pada sampel hewan. Hasilnya polifenol terbukti efektif menurunkan rasa sakit yang disebabkan asam lambung.

Buah alpukat

Buah yang lunak dan menjadi buah favorit untuk jus ini ternyata juga memiliki khasiat yang unggul untuk mengurangi sakit maag. Daging buah alpukat membantu melindungi dinding lambung yang sangat rentang dengan serangan virus dan sejenisnya. Selain itu, di dalam alpukat terdapat banyak vitamin dan mineral diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin E, vitamin D yang dapat membantu percepatan penyembuhan luka pada dinding lambung.

Buah pisang kepok

Jenis pisang kepok merupakan yang paling umum digunakan orang untuk dijadikan olahan makanan. Siapa sangka pisang kepok ini mengandung unsur kalium yang cukup tinggi untuk membantu keluhan pada penderita sakit maag. Untuk menikmati pisang kepok yang bisa dijadikan sebagai obat sakit maag, akan lebih baik jika direbus lebih dulu lalu dikonsumsi setelah dingin. Rasanya akan terasa lebih dingin dan membantu mengurangi rasa perih pada lambung yang disebabkan maag.

Buah persik

Jenis buah ini juga disebut-sebut sebagai salah satu buah yang bagus dikonsumsi oleh penderita maag. Buah ini membantu kesehatan organ pencernaan termasuk lambung. Memiliki khasiat anti bakteri yang dapat melindungi organ pencernaan dari peradangan. Mengkonsumsi buah persik membantu Anda merawat kondisi lambung sekaligus menyehatkannya.

Selain buah-buah di atasnya, jenis buah yang dianjurkan dikonsumsi untuk penderita maag yang lainnya adalah semangka. Namun di sisi lain semangka juga mengandung senyawa yang dapat memicu produksi gas dalam lambung. Sehingga banyak penderita penyakit maag yang akhirnya tak mau lagi mengkonsumsi buah semangka. Mengkonsumsi buah untuk penderita maag memang bukan cara untuk menyembuhkan maag yang paling utama, namun setidaknya bisa membantu Anda mengurangi rasa sakit yang ada.

Buah untuk sakit maag ini pun cukup mudah didapat dan harganya cukup terjangkau sehingga tak ada alasan untuk tidak mengkonsumsinya. Makan buah tak hanya mengusir asam lambung, namun juga membantu melancarkan sistem pencernaan yang akhirnya juga akan membantu kesehatan lambung. Pilih buah yang membantu mengusir asam lambung, bukan justru menambah asam lambung. Jangan pikir semua buah asam tak bisa dikonsumsi, asalkan Anda tau kandungannnya, mana yang aman atau bisa mengurangi dan mana yang justru meningkatkann

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *