10 Cara Menghilangkan Kurap Secara Alami dan Obat Apotek

3 min read

10 Cara Menghilangkan Kurap Secara Alami dan Obat Apotek

menyebabkan rasa gatal, lepuhan berisi air, ruam kulit hingga merah dan sebagainya. Penyakit ini merupakan jenis penyakit kulit yang menular dan membuat penampilan seseorang tidak percaya diri. Cara menghilangkan kurap saat ini sudah banyak dikembangkan menggunakan salep-salep medis yang banyak dijual di apotek. Namun banyak juga yang memilih obat dan bahan alami untuk penyembuhan.

Jenis jamur yang menjadi penyebab kurap diantaranya adalah trchopyton, mycrophorum, epydermohyton dan sebagainya. Jenis jamur ini umumnya sangat mudah menyebar dan menular, terutama jika mengalami kontak fisik dengan bagian kulit yang mengalami kurap.

Secara fisik, penyakit kurap ditandai dengan permukaan kulit menjadi merah dan gatal, terkelupas, kasar, kemerahan, bagian kulit melepuh dan memerah, dibatasi tepi luar berbentuk melingkar seperti cincin, bagian tepi kulit yang terkena kurap akan lebih tebal dibandingkan bagian kulit normal lainnya. Selain mengganggu aktivitas, kurap juga akan membuat Anda sedikit diisolasi dari pergaulan atau keluarga karena kekhawatiran penularan jamur yang ada. Meski tanpa kontak fisik, jamur juga bisa menular melalui udara.

Cara Menghilangkan Kurap Secara Alami

Meskipun di apotek sudah banyak tersedia salep anti kurap yang bisa Anda beli dan gunakan secara simpel, namun tak ada salahnya jika Anda juga mengetahui bahan alami untuk menghilangkan kurap apa saja yang bisa digunakan untuk membantu penyembuhan, diantaranya adalah:

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan anti jamur dan bakteri alami yang banyak digunakan orang untuk membasmi kurap. Bila Anda tak memiliki ekstrak bawang putih yang bisa digunakan secara instan, Anda bisa menggunakan bawang putih alami. Caranya sangat mudah, hancurkan beberapa siung bawang putih sampai lembut, ratakan ke bagian kulit yang mengalami kurap. Selama pengobatan biasanya akan terasa sedikit pedih. Lakukan secara rutin hingga terlihat kondisi yang mulai membaik.

Garam

Tahukah Anda, garam merupakan bahan desinfektan alami yang sangat baik digunakan untuk mengatasi masalah kurap di kulit Anda. Pada kondisi yang ekstrim, bakteri dan jamur tidak dapat hidup di dalam larutan garam sehingga kulit akan kembali normal. Cara menggunakannya  cukup sederhana.

Larutkan garam kasar ke air hangat dalam konsentrasi yang tinggi. Selanjutnya rendamlah bagian kulit yang mengalami kurap selama beberapa menit. Atau dengan menayapukan air tersebut pada permukaan kulit yang mengalami kurap. Rasa pedih menandakan bahan ini mulai bekerja mengatasi jamur yang ada di kulit. Lakukan cara pengobatan alami ini secara rutin hingga nampak tanda-tanda penyembuhan.

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung bahan anti inflamasi yang dapat mengurangi ruam dan radang pada kulit. Bahan ini juga mengandung senyawa saponin yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada kulit yang terinfeksi jamur. Bahan pembasi patogen juga terdapat dalam lidah buaya. Maka lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang direkomendasikan untuk penyembuah penyakit kurap.

Caranya cukup sederhana, yakni menyapukan gel lidah buaya ke bagian-bagian kulit yang mengalami kurap tersebut. Biarkan sampai kering dan bersihkan. Ulangi lagi pengobatan ini secara rutin setiap hari hingga menunjukkan tanda-tanda penyembuhan.

Pepaya

Enzim papain dalam pepaya bekerja membantu membersihkan kulit dan mendorong munculnya sel kulit baru yang lebih baik. Enzim ini juga bekerja menghancurkan pertahanan jamur yang ada sehingga dapat segara punah dan pergi dari kulit. Daging buah pepaya juga mampu mengurangi peradangan kulit dan iritasi yang terjadi. Lumatkan daging buah pepaya pada bagian kulit yang mengalami kurap.

Kunyit

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kurap adalah kunyit. Kunyit dengan senyawa kurkuminnya merupakan bahan anti bakteri, anti inflamasi, anti jamur dan sebagainya yang secara efektif mampu mengusir jamur penyebab kurap. Bila Anda memiliki serbuk kunyit, bisa langsung membuatnya pasta dan mengoleskannya pada bagian kulit yang mengalami kurap.

Bila tidak ada serbuk, Anda pun bisa memanfaatkan kunyit segar untuk bahan alami penyembuh kurap. Ambil beberapa batang kunyit segar dan bersihkan. Tumbuk hingga halus, lalu buatlah pasta kunyit dengan menambahkan sedikit air. Oleskan secara merata ke bagian kulit yang mengalami kurap. Lakukan secara rutin hingga gejala kurap nampak mulai berkurang.

Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami perawatan kulit yang mampu membersihkan kulit dari berbagai kotoran, jamur hingga bakteri. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin ke bagian kulit yang mengalami kurap. Berbeda dengan minyak kelapa, minyak zaitun lebih mudah menyerap ke kulit sehingga tidak lengket di kulit. Lihat perubahan kulit selama satu minggu penggunaannya.

Obat Penghilang Kurap di Apotek yang Bisa Anda Coba

Bila pengobatan menggunakan bahan alami tak kunjung sembuh dan tak memberikan respon, maka Anda bisa mencoba beberapa obat anti jamur berikut ini yang biasa dijual di apotek, atau atas saran dan resep dokter:

Clotrimazole

Merupakan krim anti jamur yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi jamur. Obat ini termasuk jenis antibiotik yang bisa Anda gunakan meski tanpa rekomendasi dari dokter. Krim ini tidak boleh digunakan oleh anak usia di bawah 3 tahun atau mereka yang mengalami masalah penyakit hati.

Miconazole

Jenis krim anti jamur yang satu ini bekerja dengan melemahkan membran inti sel jamur sehingga secara bertahap jamur akan mati. Namun demikian obat ini tidak bisa digunakan untuk mereka yang sedang menggunakan antibiotik, ibu hamil, mereka yang mengalami gangguan hati, ibu menyusui, penderita yang sedang demam. Akan terjadi sedikit efek samping pada kulit seperti ruam, panas dan sebagainya. Sehingga obat ini juga tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki masalah kulit alergi.

Econazole Nitrat

Obat anti jamur ini terdiri dari beberapa senyawa diantaranya asam benzoat, butylated hidroksianisol, peglicol dan juga air. Berbentuk krim putih dengan tekstur yang sangat lembut. Penggunaan obat ini menimbulkan efek samping seperti rasa panas pada kulit, ruam, iritasi dan sebagainya.

Lotrimin

Jenis krim anti jamur ini biasanya digunakan atas resep dokter. Krim ini bekerja dengan membunuh jamur penyebab kurap serta organisme lainnya yang biasa menimbulkan masalah pada kulit. Penggunaan krim ini juga tidak bisa digunakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif, ibu hamil dan sebagainya.

Cara menghilangkan kurap cukup simple dengan menggunakan resep dan obat dari dokter yang bisa Anda beli di apotek. Namun bila Anda termasuk yang memiliki jenis kulit sensitif dan masalah lainnya, bisa juga Anda menggunakan bahan alami untuk menghilangkan kurap di kulit. Konsultasikan lebih dulu pada dokter tentang kondisi kulit Anda dan cara pengobatan mana yang paling sesuai dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *